7 Kuliner Khas Batam yang Unik dan Lezat, Foodie Wajib Coba Nih!

0
41

Suratkabarnasional.com – BATAM dikenal sebagai kota yang dikenal dengan kemajuannya, bahkan disebut sebagai pintu masuknya menuju Singapura. Batam juga dikenal dengan aneka wisata kulinernya lho.

Perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Tiongkok menjadikan suatu perpaduan kuliner yang disajikan ke dalam makanan khas Batam yang sangat unik dan menggugah selera. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 kuliner khas Batam yang wajib dicoba. Apa saja?

BATAM dikenal sebagai kota yang dikenal dengan kemajuannya, bahkan disebut sebagai pintu masuknya menuju Singapura. Batam juga dikenal dengan aneka wisata kulinernya lho.

Perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Tiongkok menjadikan suatu perpaduan kuliner yang disajikan ke dalam makanan khas Batam yang sangat unik dan menggugah selera. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 kuliner khas Batam yang wajib dicoba. Apa saja?

1. Gonggong

Kuliner Khas Batam

Gonggong merupakan nama dari makhluk hidup atau biota laut yang hidup di kepulauan Riau. Sekilas bentuknya menyerupai keong, dan merupakan jenis siput laut dengan ukuran sedang dan panjang sekitar 7 cm.

Ada 4 jenis Gonggong yang biasa dikonsumsi yaitu, Gong-gong ayam, Gonggong putih cangkang tipis, gong-gong putih cangkang tebal, dan gong-gong merah cangkang tebal.

Cara mengolah Gonggong yakni hanya dengan cara merebusnya. Tekstur dagingnya kenyal, namun kakinya disarankan untuk tidak dimakan karena cukup tajam dan bergerigi khawatir akan melukai mulut Anda.

2. Mi Tarempa

Kuliner Khas Batam

Memang bukan kuliner khas Batam, namun mi Tarempa cukup laris dan selalu menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Batam.

Sekilas mirip dengan mi Aceh. Serta yang membuat nikmat adalah dengan citarasa yang kaya akan rempah-rempah dan berwarna kemerahan.

Tekstur mi tarempa adalah tebal dan kenyal dengan penggunaan daging ikan sebagai salah satu toppingnya.

3. Nasi Dagong

nasi dagong

Kuliner khas Batam selanjutnya adalah nasi daging. berasal dari kata ‘dagang Gong-gong’ dinamakan begitu karena sang penjual menyajikan hidangan nasi lemak yang di masak dengan campuran seafood endemis kepulauan Riau yaitu Gonggong.

Kudapan satu ini biasanya disajikan menggunakan bungkus daun pisang dan menjadi menjadi menu andalan sarapan. Cita-rasanya begitu khas, gurih dan lezat.

4. Mi Sagu

Kuliner Khas Batam

Indonesia dikenal memiliki berbagai olahan mi, termasuk di Batam yaitu mi sagu namanya. Menjadi salah satu kuliner khas Batam yang wajib dicoba.

Mi sagu memiliki tekstur yang kenyal, ukurannya yang besar dan aroma khas-nya berasal dari aroma sagu yang pekat bercampur dengan bumbu dan rempah-rempah.

Kudapan satu ini biasanya disajikan bersama dengan taburan tauge, tambahan telur, bakso ikan, udang atau bahkan potongan ikan.

Menariknya lagi mi sagu ini disajikan dengan kuah air dingin, bukan panas seperti jenis olahan mi lainnya.

5. Sop Ikan Batam

Kuliner Khas Batam

Kuliner selanjutnya adalah sop ikan Batam. Rasanya gurih, lezat apalagi disajikan selagi hangat bersama nasi putih.

Bahan dasar dari sop ini yaitu ikan, udang, cumi, bawang goreng, dan disajikan bersama kuah segar dengan bumbu khas dan irisan tomat hijau.

6. Luti Gendang

Kuliner Khas Batam

Luti Gendang merupakan roti khas Batam yang berbentuk oval atau lonjong memanjang. Memiliki tekstur luar roti yang renyah dan lembut di bagian dalamnya serta isinya terasa gurih.

Luti sendiri dalam bahasa Melayu berarti roti, berbahan dasar tepung berisikan abon ayam atau abon ikan tuna yang telah dicampur dan dibumbui dengan.

7. Bingka Bakar

Kuliner Khas Batam

Bingka Bakar ini merupakan sajian kue khas suku Melayu ini memiliki tekstur padat, namun lembut di dalamnya. Kue ini cukup harum karena berasal dari daun pandan.

Camilan ini memiliki beberapa varian rasa, Bingka Bakar pandan adalah versi originalnya sedangkan ada pula Bingka Bakar rasa cokelat, Bingka Bakar jagung, Bingka Bakar wijen, Bingka Bakar keju dan Bingka Bakar buah naga yang menjadi varian rasa buahnya.