Cara Selfcare Untuk Agar Mental Menjadi Sehat

0
40

Suratkabarnasional.com – Mental health seringkali dipandang sebelah mata oleh khalayak luas. Terutama masyarakat yang belum mengetahui tentang seberapa penting mental health bagi perilaku, emosional dan yang lebih tepatnya bagi keberlangsungan hidup seseorang. Mental yang tidak sehat sangat berpengaruh dalam aktivitas kehidupan kita sehari – hari apalagi mental yang tidak sehat dapat membuat kita susah dalam proses bersosialisasi sehingga menyebabkan orang yang memiliki mental tidak sehat menjadi mempunyai pikiran untuk mengurung diri dari keramaian. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah selfcare. Selfcare dapat membantu membangkitkan mood kita dengan cepat. Selfcare ini diartikan sebagai suatu tindakan yang memerhatikan tubuh dan pikiran untuk membuat kita merasa lebih baik. Selfcare juga tak perlu memerlukan biaya mahal dan memakan waktu. Karena, ada beberapa cara merawat diri sendiri dengan mudah. Berikut daftar 7 cara selfcare.

  1. Pergi ke luar rumah

Jika ingin membuat pikiran kembali segar, cobalah untuk pergi ke luar rumah untuk mengubah suasana. Kita juga bisa memadukan momen berjalan-jalan ini dengan berolahraga atau menghabiskan waktu untuk duduk selama 15 menit menghirup udara segar dari balkon rumah.

  1. Menulis jurnal rasa syukur

Membuat sebuah jurnal tempat kita menuliskan berbagai hal baik dalam hidup yang disyukuri mungkin dapat membantu meningkatkan rasa optimis dan menghalau kecemasan serta depresi. Jadi, jika merasa sedang galau atau sulit fokus pada apapun, kita bisa mencoba menghabiskan waktu selama beberapa menit untuk mengisi jurnal rasa syukur itu.

  1. Meminum secangkir teh

Ada banyak teh herbal yang dapat membantu seseorang merasa lebih rileks dan melepas rasa lelah. Bahkan, beberapa teh, seperti teh hijau, teh oolong, atau teh hitam mengandung l-theanine, asam amino yang dapat membantu memperbaiki mood. Namun, teh di atas juga mengandung kafein, yang dapat meningkatkan hormon stres. Jadi jika merasa lelah, ada baiknya memilih teh tanpa kafein, seperti teh chamomile.

  1. Ngemil

Jika rasa malas ini terjadi beberapa jam setelah kita terakhir makan, mungkin ini bisa jadi saat yang tepat untuk memakan camilan yang dapat memperbaiki mood. Cemilan apapun kesukaan Anda, bisa Anda habiskan sambil menonton film komedi.

  1. Berolahraga

Jika bisa melakukan beberapa gerakan olahraga, aktivitas fisik singkat bisa membantu memperbaiki mood dan level energi.

6. Skincare

Bagi kalian mungkin skincare dapat membantu untuk memperbaiki mood, karna saat kulit terawat pasti akan enak dipandang dan menjadi sehat.

7. Shopping

Shopping bisa menjadi metode untuk melakukan self reward, tidak perlu belanja yang mahal. Belanja lah secukupnya karna uang lebih baik ditabung untuk membeli keperluan yang lain nantinya.