IHSG Diprediksi Melemah Awal Pekan Ini

0
25

Suratkabarnasional.comIndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melemah pada perdagangan Senin (6/3/2023) ini.

Menurut Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova, secara teknikal, indeks saham masih bisa turun di bawah level 6.800. Investor akan mencermati perkembangan ekonomi dan rilis dana kepercayaan konsumen RI selama Agustus 2022.

“IHSG meninggalkan garis SMA-20 dan cenderung akan mencatatkan lower low menuju level fibonacci retracement berikutnya di 6.760 apabila turun di bawah level psikologis 6.800. Rebound minor dapat terjadi apabila IHSG tetap di atas 6.800,” ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Ivan memperkirakan indeks saham akan bergerak dalam rentang support 6.720 dan resistance 6.923. Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi IHSG akan menguat hari ini. Menurutnya, pola pergerakan indeks saham saat ini masih menunjukkan kondisi sideways dengan potensi kenaikan dalam jangka panjang.

“Sedangkan untuk rentang jangka pendek, masih akan mengalami konsolidasi wajar di mana momentum koreksi wajar dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi jangka panjang,” imbuh William.

William memprediksi pasar saham akan bergerak dalam rentang support 6.757 dan resistance 6.872 hari ini. William juga merekomendasikan sejumlah saham, yakni HMSP, UNVR, JSMR, PWON, ASRI, BSDE, BBCA, INDF, dan ICBP.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah 43,77 poin atau minus 0,64 persen ke level 6.813 pada perdagangan Jumat (3/3) lalu. Investor melakukan transaksi sebesar Rp8,6 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,9 miliar saham.