Kelvin Kiptum, Pemegang Rekor Dunia Marathon Tewas Akibat Kecelakaan

0
32

SuratKabarNasional.com- Kabar duka datang dari dunia marathon. Kelvin Kiptum, pemegang rekor dunia marathon, tewas akibat kecelakaan. Melansir Guardian, Kiptum meninggal akibat kecelakaan tunggal di Kaptagat, Barat Daya Kenya, pada Minggu (11/2) malam waktu setempat. Kiptum tidak sendirian yang menjadi korban. Pelatihnya, Gervais Hakizimana, juga meninggal dalam insiden nahas itu.

Sementara ada orang ketiga yang menjadi korban, dan dilaporkan dilarikan ke rumah sakit. Menurut otoritas setempat, Kiptum kehilangan kontrol pada kendaraannya saat di jalan. Mobilnya kemudian menabrak pohon sebelum jatuh ke selokan. “Ini kecelakaan tunggal di mana Kelvin Kiptum, pemegang rekor marathon duna, mengendarai kendaraannya bersama dua penumpang. Kiptum dan Hakizimana meninggal di tempat, dan orang ketiga dilarikan ke Rumah Sakit Racecourse di Eldoret,” kata Komandan Setempat Peter Mulinge ke media setempat.

Kabar duka ini langsung dibagikan para pejabat di media sosial. Pedana Menteri Kenya, Raila Odinga, menulis di X, “Berita yang menyedihkan saat kami berduka atas kehilangan sosok yang luar biasa, Kelvin Kiptum, pemegang rekor dunia dan ikon atletik Kenya. Bersama dengan pelatihnya, mereka menyedihkan meninggal dalam insiden malam tadi. Negara berduka atas kehilangan pahlawan sejati,” cuitnya.

Duka mendalam juga disampaikan Presiden Atletik Dunia, Sebastian Coe. “Atlet luar biasa meninggalkan warisan luar biasa. Kami akan merindukannya,” kata Coe. Kiptum merupakan pemegang rekor marathon dunia. Ia menjadi pelari yang bisa menempuh marathon dalam waktu di bawah 2 jam 1 menit, yang hebatnya dilakukan bertahap dalam rentang waktu Desember 2022 hingga Oktober 2023. Ia membuat 3 dari 7 waktu tercepat di marathon.

Pertama, Kiptum membuat catatan apik di Valencia Marathon, saat bisa finis dengan waktu 2 jam 2 menit, orang ketiga dalam sejarah yang mampu melakukannya. Empat bulan berselang, Kiptum bisa finis lebih cepat di Marathon London, dengan finis dalam waktu 2 jam 1 menit 25 detik. Dan terakhir Kiptum mencatat rekor dunia saat tampil di Marathon Chichago, dengan membuat waktu 2 jam 35 detik. Pelari berusia 24 tahun itu sedianya berharap bisa menempuh waktu di bawah 2 jam dalam perlombaan resmi dan di Olimpiade 2024 Paris mendatang. Namun, ia lebih dulu berpulang