Manfaat Terong Untuk Kesehatan

0
44

Suratkabarnasional.com – Terong adalah salah satu sayuran yang kerap digunakan sebagai olahan di kuliner tradisional Indonesia. Makanan yang juga dikenal dengan sebutan terung ini juga memiliki banyak nutrisi yaitu kalori, protein, karbohidrat, serat, dan lemak. Selain itu, terong juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti asam folat, vitamin A, vitamin C, Vitamin K, kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Berikut adalah manfaat terong bagi kesehatan yang penting untuk diketahui:

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Terong bisa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan karena serat yang dikandungnya. Serat sangat penting untuk melancarkan pencernaan dan membuat usus lebih bersih dari kotoran.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Terong sangat baik untuk tulang, khususnya orang yang berisiko tinggi mengalami degradasi tulang dan osteoporosis. Manfaat terong untuk meningkatkan kesehatan tulang ini berasal dari senyawa fenolik yang dikandungnya. Senyawa ini yang memberi warna unik pada terong dan banyak buah lainnya. Senyawa ini dapat mengurangi tanda-tanda osteoporosis, membuat tulang lebih kuat, dan meningkatkan kepadatan mineral tulang pada populasi tertentu. Terong juga memiliki jumlah zat besi dan kalsium yang signifikan, yang bisa meningkatkan kesehatan tulang.

  1. Menurunkan berat badan

Terong yang rendah kalori, hampir tanpa lemak, cukup serat, dan mengandung air 92,3 gr. Itu membuat terong bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan melawan obesitas.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat terong untuk meningkatkan kesehatan jantung masih tekait dengan kandungan seratnya. Serat dapat mengurangi keberadaan kolesterol jahat dalam tubuh dan merangsang penyerapan kolesterol HDL yang baik. Lalu, bioflavonoid dalam terong juga berperan menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan dan stres pada sistem kardiovaskular, sehingga meningkatkan kesehatan jantung Anda.

  1. Mencegah anemia

Anemia bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang sering ditandai dengan sakit kepala dan kelelahan. Terong dapat mencegah kondisi tersebut terjadi karena kandungan zat besinya 0,23 mg. Selain itu, terong mengandung tembaga, komponen penting lainnya dari sel darah merah. Tanpa zat besi dan tembaga, sel darah merah dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal.

  1. Membantu mengatasi diabetes

Terong dapat membantu mengatasi diabetes karena kandungan serat dan senyawa tumbuhan alaminya (polifenol). Serat dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan lebih lambat membuat kadar gula darah dapat lebih stabil dan mencegah lonjakan atau penurunan tiba-tiba. Lalu, polifenol yang ditemukan dalam terong bisa mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.