H-1 Lebaran, Arus Bawah Jalan Tol Japek Lancar Pagi Ini

0
26

Suratkabarnasional.com – Arus lalu lintas di jalur bawah jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) ke arah Cikampek, Jawa Barat, terpantau masih lancar di H-1 hari raya Idulfitri 1444 Hijriyah atau Jumat (21/4/2023) pagi WIB.
Pantauan tim CNNIndonesia.com, tidak ada kepadatan pemudik hingga membuat kendaraan melambat atau macet  sepanjang jalan Tol Dalam Kota hingga memasuki ruas tol Japek.

Waktu tempuh yang diperlukan hanya sekitar 45 menit sejak keberangkatan dari daerah Tendean, Jakarta Selatan pukul 06.22 WIB untuk menuju tempat peristirahatan (rest area) KM 57 di area Karawang, Jawa Barat.

Melalui amatan sekilas, lalu lintas di atas jalan layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) juga terpantau lancar baik yang terlihat di akses naik  di sekitar KM 10. Kepadatan hanya terlihat pada akses turun pada KM 46, karena pertemuan arus dengan kendaraan di jalur bawah sampai sekitar KM 48.

Berdasarkan pantauan pada Rabu pagi ini, tidak ada rekayasa lalu lintas contra flow yang diberlakukan.

Pun terpantau di laporan Jasa Marga via Twitter.

Meskipun demikian, Jasa Marga menyebut kepadatan yang terjadi selain karena pertemuan arus dari tol MBZ dan jalur bawah Japek, juga akibat ada penanganan kecelakaan pada pagi tadi.

“Karawang Barat KM 47 – KM 48 arah Cikampek padat, ada penanganan kecelakaan,” tulis Jasa Marga di Twitter pukul 07.25 WIB.

Sementara itu di dalam rest area KM 57, suasana terpantau sedikit padat dengan antrean minor di pintu masuk hingga tempat parkir.

Pantauan lalu lintas arus mudik di jalan tol Jakarta Cikampek itu sangat berbeda dengan yang terjadi kemarin atau H-2 Idulfitri, Kamis (20/4/2023), pada waktu yang sama.

Pada Kamis pagi lalu dengan waktu berangkat yang sama dari titik awal di kantor redaksi CNNIndonesia.com yang berada di Jalan Tendean, butuh waktu setidaknya sekitar tiga setengah jam untuk melintasi jalan layang MBZ yang membentang sepanjang 36 kilometer di atas jalur bawah tol Japek.

Selain itu, kondisi rest area KM 57 juga terlihat tidak mengalami lonjakan kepadatan signifikan seperti yang terjadi pada H-4 hingga H-2 Lebaran.