Kisah Artis Aswita Dewi Pasarkan Kain Nusantara Karya Penyandang Disabilitas

0
40
Suratkabarnasional.com – Artis Aswita Dewi belum lama ini kembali menjadi sorotan. Bukan karena debutnya di film, sinetron, ataupun dunia modeling. Melainkan karena kain nusantara. Pemain film Chrisye ini memang punya keinginan tinggi dalam melestarikan batik dengan mengkampanyekan batik sebagai kain nusantara. Kecintaannya terhadap batik pula yang membawanya membantu memasarkan batik karya penyandang disabilitas. “Kami membantu memasarkan batik-batik karya disabilitas. Kami juga memotivasi disabilitas lain yang belum beraktivitas, agar tetap semangat dan mau berkarya, apapun itu,” ujar Aswita dikutip dari Tribun Jabar, Minggu (7/8/2022).
Semua kain-kain tersebut dibawanya dalam ajang Putra-putri Batik Nusantara 2019 yang digelar Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Gadis kelahiran November 2001 ini mengaku mendapat banyak informasi tentang batik saat karantina. Sejak saat itu ia semakin kagum dengan filosofi batik. “Setiap motif batik pasti ada filosofinya, yang tentu menjadi pembelajaran dan inspirasi khususnya bagi saya,” tutur dia.
Sebagai anak muda yang update dengan perkembangan zaman serta fesyen, dia ingin batik jadi pakaian kekinian. Bahkan, menurutnya bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti batik menjadi populer di masyarakat internasional. “Saya ingin suatu saat nanti, batik dari yang awalnya tradisional, menjadi pakaian kekinian. Seperti sekarang masyarakat kita yang gandrung dengan pakaian-pakaian ala luar negeri. Semoga nanti warga dunia yang menggandrungi batik sebagai pakaian kebanggaan mereka,” pungkasnya.