3 Cara Membedakan Kaca Film Mobil Asli dan Palsu

0
38

Suratkabarnasional.com – Kaca film merupakan salah satu aksesoris tambahan pada mobil dengan berbagai fungsi. Beberapa fungsi pemasangan kaca film pada kaca mobil adalah menjaga privasi di dalam kabin, mencegah tindak kejahatan, hingga mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke kabin agar suhu tidak terlalu tinggi.

Saat ini ada banyak merek kaca film yang bisa menjadi pilihan Anda. Namun, sebelum mengambil keputusan, alangkah lebih baik memastikan kaca film yang akan Anda pasang di kaca mobil benar-benar terjamin kualitas dan keasliannya.

Pasalnya, ada kemungkinan kaca film yang dijual di pasaran berkualitas rendah malah bahkan palsu. Meski demikian, ternyata ada perbedaan signifikan antara kaca film asli dan palsu. Perbedaan itu perlu Anda ketahui agar tidak tertipu saat membeli aksesoris tambahan untuk mobil Anda. Berikut cara untuk membedakan kaca film mobil asli dan palsu.

1. Kualitas logo di kaca film

Cara membedakan kaca film asli dan palsu terletak pada logo yang diaplikasikan di kaca film mobil. Kaca film mobil asli biasanya memiliki logo yang dipasang di bagian bawah kaca film. Hal ini untuk menandakan bahwa kaca film tersebut asli. Logo ini tidak mudah hilang karena dicetak dengan kualitas tinggi.

2. Tingkat kepekatan

Cara untuk membedakan kaca film mobil asli dan palsu dapat Anda amati lewat tingkat kepekatan. Kaca film asli memiliki tingkat kepekatan yang lebih tinggi dibandingkan kaca film palsu.

Kaca film asli cenderung lebih kuat, tahan lama, dan lebih tahan goresan. Hal ini dikarenakan kaca film asli dibuat dari bahan tebal dan kuat yang dapat melindungi kaca mobil Anda lebih baik.

Sementara, kaca film palsu cenderung lebih tipis dan rentan terhadap goresan. Selain itu kaca film palsu cenderung melemah dengan cepat dan harus sering diganti.

3. Kemampuan menghalau suhu panas di kabin mobil

Kemampuan menghalau panas matahari di dalam kabin mobil dapat menjadi satu indikator untuk membedakan kaca film mobil asli dan palsu. Kaca film asli memiliki kualitas yang lebih baik dan dapat mengurangi intensitas sinar matahari hingga 99% dengan tingkat transmisi cahaya antara 5-20%.

Kaca film asli juga dapat memblokir sinar UV yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kerusakan pada interior mobil. Tidak hanya itu, kaca film asli juga dapat menjaga suhu di dalam kabin mobil lebih stabil serta menciptakan suasana yang lebih nyaman.

Sedangkan, kaca film mobil palsu hanya dapat mengurangi intensitas sinar matahari hingga 70% dengan tingkat transmisi cahaya 30-50%. Kaca film palsu juga tidak dapat memblokir sinar UV, tidak dapat membantu menjaga suhu di dalam mobil sehingga kabin tidak akan terasa nyaman.