5 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

0
41
Suratkabarnasional.com – Kolesterol yang kadarnya cukup dibutuhkan tubuh, tetapi akan menjadi tidak sehat jika punya kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Kadar kolesterol tinggi dapat menempel pada dinding arteri dan menyempitkan atau bahkan menyumbatnya. Hal ini menempatkan orang dengan kolesterol tinggi berisiko punya penyakit arteri koroner dan penyakit jantung lainnya.
 
Dikutip dari laman MedinaPlus, kolesterol bergerak melalui darah pada protein yang disebut lipoprotein. Satu jenis, LDL, kadang-kadang disebut kolesterol “jahat”. Tingkat LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri. Jenis lain, HDL, kadang-kadang disebut kolesterol “baik”.
 
Kolesterol baik membawa kolesterol jahat kembali ke hati, kemudian hati menyaring dan menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Caranya yaitu dengan menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang normal, dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
 
Melansir dari MedinaPlus, berikut perubahan gaya hidup yang dapat membantu menurunkan atau mengontrol kolesterol meliputi berikut ini: Makan sehat untuk jantung Rencanakan makan yang sehat dengan membatasi jumlah asupan lemak jenuh. Disarankan agar makan dan minum hanya cukup kalori untuk menjaga berat badan yang sehat dan menghindari penambahan berat badan.
 
Caranya dengan mendorong memilih berbagai makanan bergizi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. Manajemen Berat Badan Jika punya kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat). Ini sangat penting bagi orang-orang dengan sindrom metabolik.
 
Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor risiko yang mencakup kadar trigliserida tinggi, kadar kolesterol HDL (baik) rendah, dan kelebihan berat badan dengan ukuran pinggang yang besar (lebih dari 40 inci untuk pria dan lebih dari 35 inci untuk wanita).
 
Aktivitas fisik Setiap orang harus melakukan aktivitas fisik secara teratur (30 menit paling banyak, jika tidak semua, hari). Mengelola stres Penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis terkadang dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL Anda. Berhenti merokok Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol HDL Karena HDL membantu menghilangkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari arteri , memiliki lebih banyak HDL dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.