Baking Soda Bisa Mengobati Asam Lambung, Begini Cara Konsumsinya

0
19

SuratKabarNasional.com- Banyak yang percaya bahwa baking soda bisa mengobati asam lambung . Baking soda atau natrium bikarbonat pada dasarnya memang memiliki sifat penetrasi keasaman.

Sehingga dalam beberapa kasus, orang menggunakan baking soda sebagai obat rumah tangga untuk meredakan gejala asam lambung . Baking soda sendiri bekerja dengan cara menetralkan asam lambung.Hal tersebut dapat memberikan bantuan sementara dari sensasi terbakar di dada atau gejala refluks asam. Namun, penting untuk menyadari bahwa penggunaan baking soda untuk pengobatan asam lambung harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk dokter.

Dilansir hari Senin Dini Hari dokter pengobatan keluarga di Yorktown, Jesus Lizarzaburu, MD mengatakan bahwa perut menggunakan asam untuk mencerna makanan, namun asam yang berlebihan atau berkepanjangan dapat menyebabkan asam lambung, (5/2/2024) .

Baking soda berperan dengan menetralkan asam yang tidak diinginkan ini. “Baking soda dan asam bersentuhan, terjadi reaksi kimia yang meningkatkan tingkat pH asam, secara efektif menetralkannya dan menghilangkan sensasi terbakar yang terkait dengan asam lambung,” kata Lizarzaburu.

Cara Menggunakan Baking Soda untuk Mengobati Asam Lambung 

Untuk menggunakan baking soda untuk meredakan asam lambung, Lizarzaburu menyarankan Anda melarutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air (enam hingga delapan ons) dan meminumnya. Namun, Lizarzaburu memperingatkan bahwa baking soda adalah solusi sementara, meredakan gejala tanpa mengatasi akar penyebabnya.

Bagi mereka yang sering menggunakan pengobatan rumahan ini, disarankan untuk berdiskusi dengan dokter tentang solusi yang lebih permanen. Selanjutnya, jangan mengonsumsi apa pun tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Di sisi lain, meskipun baking soda dapat menetralkan asam lambung, penggunaan berlebihan atau terlalu sering dapat menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak asam sebagai respons.

Efek Samping Baking Soda untuk Mengobati Asam Lambung 

Hal ini dapat menyebabkan refluks asam lebih parah dalam jangka panjang. Sementara itu, baking soda harus digunakan dengan hati-hati dan di bawah arahan dokter karena bisa menyebabkan efek samping seperti meningkatkan tekanan darah tinggi, risiko penyakit jantung, mengganggu keseimbangan pH, menghambat pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Selain itu, konsumsi baking soda berlebihan juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, mengubah efektivitasnya dan menyebabkan kemungkinan interaksi obat. Kemampuannya untuk meringankan gejala dengan cepat dapat menyebabkan ketergantungan yang berlebihan, sehingga menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Biasanya, gejala-gejala ini akan hilang jika Anda berhenti menggunakan baking soda. Namun jika salah satu efek samping tetap ada atau gejala asam lambung Anda tidak hilang dengan pengobatan lain, hubungi dokter.