Bharada E : Ada Lemari Khusus Senjata Api di Kediaman Ferdy Sambo

0
51

Suratkabarnasional.com – Terdakwa kasus pembunuhan Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E mengungkapkan jika ada lemari khusus penyimpanan senjata api milik mantan Kadiv Propam Polri yaitu Irjen Ferdy Sambo di rumah pribadinya Jalan Saguling, Jakarta Selatan.

Lemari tersebut diketahui Bharada E ketika hendak menyimpan senjata milik ajudan sembari mengangkat barang-barang dari mobil usai kedatangannya bersama rombongan Putri Candrawathi dari Magelang, Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Bharada E dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

“Itu bersama dengan Om Kuat ke lantai tiga, Berdua Om Kuat bawa barang,” kata Bharada E dalam persidangan.

Dia dan Kuat Ma’ruf diperintah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi untuk membawa senjata api dan barang-barang naik ke lantai tiga rumahnya. Saat berada di lantai tiga, Putri sudah berada di lokasi dan menyuruh Kuat Ma’ruf masuk.

Bharada E mengaku tidak mengetahui kamar siapa yang dimasukinya itu. Dia mengaku melihat sejumlah barang perabotan mulai dari elektronik dan lain-lainnya, hingga ada satu lemari di kamar tersebut.

“Ibu ngajak saya (masuk kamar) sampai disana, jadi ada kasur, ada TV, ada di samping itu ada tembok, ada lemari, Yang Mulia. Ibu masuk ke situ,” katanya.

Namun saat lemari di kamar itu dibuka Putri, kata Bharada E, terlihat banyak senjata api yang tersimpan di dalamnya. Selanjutnya senjata yang dibawa disimpan di lemari tersebut.

“Ibu buka lemarinya, saya lihat ‘wih senjata semua’, ada lemari senjata, Yang Mulia. Ibu langsung bilang ‘sudah simpan di situ aja’. Akhirnya saya simpan aja di situ,” ungkapnya.