BI Sediakan 5.066 Titik Penukaran Uang Baru Untuk Ramadan 2023

0
54

Suratkabarnasional.com – Bank Indonesia (BI) menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri. Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan pihaknya menyediakan uang tunai Rp195 triliun untuk layanan penukaran uang. Jumlah tersebut naik 8,22 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat,” kata Erwin dalam keterangan resmi, Senin (20/3/2023). Selain 5.066 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat keramaian (terminal, pasar, dan stasiun), dan kas keliling susur sungai (khusus Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah) bekerja sama dengan perbankan pada 27 Maret hingga 19 April.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, terhitung 3-14 April 2023, Bank Indonesia bekerja sama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta, akan melakukan layanan kas keliling bersama. Kas keliling tersebut akan mengambil tempat di Masjid Hasyim Asya’ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar. Hadir pula di pasar wilayah Jabodetabek yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet pada 27 Maret-20 April. Kemudian di Parkir Timur Gelora Bung Karno pada 8-9 April 2023.

“Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR,” kata Erwin.

Sementara itu, mulai 15-19 April 2023, BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol di Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheuni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran di jalur mudik ini, masyarakat tidak perlu memesan terlebih dulu melalui aplikasi PINTAR.

Berikut daftar pasar yang menjadi lokasi penukaran uang BI di Jakarta melalui kas keliling sebagai berikut:

  1. Pasar Kopro
  2. Pasar Pramuka
  3. Pasar Rawa Bening
  4. Pasar Slipi
  5. Pasar Koja
  6. Pasar Tebet
  7. Pasar Palmerah
  8. Pasar Kopro
  9. Pasar Bening
  10. Pasar Induk Kramat Jati