Bukan Diurut, Ini 6 Cara Mengatasi Nyeri Asam Urat

0
66

Suratkabarnasional.com – Asam urat merupakan radang sendi yang bisa menyebabkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan, atau bahu. Pertanyaan soal apakah asam urat boleh diurut atau tidak saat terasa sakit mungkin kerap muncul di benak. Ada beberapa orang yang menyebut boleh. Tapi ada juga yang mengatakan pijatan justru bisa memperparah asam urat.

Menyitat laman Institute for Integrative Healthcare, teknik terapi pijat tradisional justru tak disarankan untuk asam urat. Alasannya, tekanan langsung pada sendi yang mengalami asam urat saat diurut dapat memicu iritasi.  Hal ini tentu bisa memperparah nyeri asam urat. Makanya, sebelum bertanya apakah asam urat bisa diurut, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi asam urat yang sedang dialami.

Cara Mengatasi Asam Urat

Alih-alih memijat, sebenarnya ada beberapa cara mengatasi asam urat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, mengutip Everyday Health.

  1. Dapatkan diagnosis yang tepat

Jika Anda mengalami nyeri sendi yang parah, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Anda tidak bisa menyimpulkannya sendiri, sebab asam urat memiliki gejala yang mirip dengan masalah sendi lainnya.

  1. Konsumsi obat yang tepat

Ada beberapa jenis obat berbeda yang bisa Anda pilih. Mulai dari obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas, seperti ibuprofen, aspirin, atau naproxen sodium. Kemudian steroid resep, atau resep antiinflamasi yang disebut colchicine.

Obat ini memengaruhi cara tubuh bereaksi terhadap kristal asam urat. Jika Anda menemui dokter, mereka biasanya akan mencari tahu mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. NSAID, misalnya, tidak sesuai jika Anda memiliki penyakit ginjal. Sementara obat steroid dapat memperburuk gula darah jika Anda menderita diabetes.

  1. Hindari tekanan pada sendi

Sedikit saja tekanan pada sendi bisa memperparah rasa sakit saat asam urat menyerang. Sebaiknya bebaskan area sendi yang tengah sakit. Jangan biarkan benda apa pun menghalanginya untuk menghindari rasa sakit yang semakin parah.

  1. Perhatikan pola makan

Anda dapat menurunkan kadar asam urat dengan membatasi makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut. Kurangi juga asupan minuman beralkohol.

  1. Banyak minum

Air dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat. Dengan begitu, secara otomatis asam urat bisa keluar dari sistem tubuh Anda. Pasien yang terhidrasi dengan baik harus minum cukup untuk buang air kecil setiap dua hingga tiga jam.

  1. Meditasi

Rasa nyeri akibat asam urat diklaim bisa sembuh sendiri dan akan hilang pada waktunya. Selain itu, sejumlah cara rileksasi seperti meditasi hingga olah napas juga disebut dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat asam urat.

Jadi, daripada bertanya-tanya apakah asam urat boleh diurut atau tidak, lebih baik langsung konsultasikan kondisi Anda pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.