ChatGPT, Chatbot Pintar yang Dapat Membantu Marketingmu

0
90

Suratkabarnasional.com – Sejak abad ke-21 teknologi mulai berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya adalah perkembangan teknologi dalam bidang penggunaan kecerdasan buatan atau yang sering juga kita kenal dengan Artificial Intelligence (AI) yang banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan AI yang akhir-akhir ini sedang banyak menarik perhatian dan menjadi perbincangan adalah aplikasi ChatGPT. ChatGPT yang merupakan singkatan dari Generative Pre-Trained Transformer sendiri adalah aplikasi besutan OpenAI yang mulai diperkenalkan kepada publik secara luas di tanggal 30 November 2022. Sementara OpenAI adalah platform kecerdasan buatan yang didirikan oleh Sam Altman dan Elon Musk pada tahun 2015. ChatGPT merupakan aplikasi berbasis AI yang mampu berinteraksi dengan penggunanya dalam bentuk percakapan. Aplikasi ini mampu menjawab pertanyaan yang rumit dengan terstruktur dan sistematis karena dilatih dengan data teks dan kode pada super computer Azure AI milik Microsoft.

ChatGPT menyediakan fitur yang menarik untuk membantu penggunanya dalam berbagai macam bidang, salah satunya adalah marketing. Aplikasi ini mampu mengoptimalkan model bahasa dalam melakukan dialog, juga telah terlatih untuk mengikuti instruksi secara cepat dan memberikan respons secara mendetail. Chatbot ini merupakan software berupa bahasa generative yang mampu memprediksi kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan. Meski masih berupa prototype, aplikasi ini cukup mumpuni dalam merespon bahasa manusia. Aplikasi ini pun sudah bisa berinteraksi dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Dalam dunia marketing, untuk menarik perhatian dari customer dibutuhkan sebuah konten yang menarik seperti tren yang terbaik atau malah membuat tren baru. ChatGPT mampu memudahkan tugas marketer dalam memilih tren marketing yang paling menarik minat konsumen saat ini.

Contoh respon dari ChatGPT terkait trend marketing

ChatGPT juga mampu memberikan rekomendasi profil public figure atau influencer sesuai dengan kategori produk yang ingin dipasarkan. Deskripsi yang diberikan oleh ChatGPT memudahkan marketer untuk memilah profil mana yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh respon dari ChatGPT terkait profil public figure

 Tertarik menggunakan ChatGPT untuk membantu marketingmu?