Chery Rakit Omoda 5 EV di Indonesia Bulan Ini!

0
16

suratkabarnasional.com – Chery dipastikan mulai merakit mobil listrik Omoda 5 EV di Indonesia mulai bulan depan. Kepastian itu disampaikan langsung ke pemerintah.

Produsen mobil asal China, Chery, bakal meramaikan persaingan mobil listrik Tanah Air. Chery memang sebelumnya sudah sempat memamerkan mobil listrik Omoda 5 EV di Indonesia. Tak sekadar memamerkan, mobil listrik itu rencananya juga bakal dirakit langsung di Indonesia. Rencananya, proses perakitan mobil listrik perdana Chery di Indonesia itu akan dimulai pada Desember 2023.

“Kesiapan produksi perdana Chery Omoda 5 EV ini kami sampaikan secara langsung kepada pemerintah sebagai bentuk update dari komitmen kami untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia Qu Jizong dalam siaran persnya.

Dengan kesiapan produksi ini, artinya Chery Sales Indonesia juga sudah siap untuk memenuhi jumlah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai aturan pemerintah. Chery akan bekerja sama dengan beberapa mitra lokal yang berkompeten untuk memproduksi berbagai macam komponen kendaraan listrik di Indonesia. Kemitraan ini juga merupakan cara Chery untuk mendukung perekonomian dalam negeri pada sektor otomotif. “Kami percaya bahwa dengan berinvestasi pada teknologi kendaraan listrik dengan lokalisasi komponen, Chery dapat berkontribusi dalam membentuk masa depan industri otomotif di Indonesia,” ujar Qu Jizong.

Sebelumnya, Chery Omoda 5 EV sempat dipamerkan di beberapa ajang, salah satunya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Chery juga sudah membuka pemesanan bagi konsumen yang kepincut pesona crossover listrik tersebut. Meski belum resmi meluncur, namun Vice President PT Chery Sales Indonesia Harry Kamora menjelaskan sudah ada ratusan konsumen yang melakukan pemesanan. Tingginya antusiasme masyarakat terhadap Omoda 5 EV juga tak lepas dari tren global yang mengarah ke SUV listrik futuris dan modern. “Omoda itu di global hype banget. Di sini juga cerita yang masuk ke saya wangi-wangi,” tutur Harry belum lama ini.

Spesifikasi Omoda 5 EV
Sebagai pendatang baru, Omoda 5 EV disebut-sebut akan dilengkapi berbagai fitur unggulan yang siap memikat hati konsumen Indonesia. Salah satu yang menarik tentunya adalah fitur 14 Advanced Driving Assistance System (ADAS) untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara.

Ke-14 fitur ADAS tersebut antara lain ACC (Adaptive Cruise Control), AEB (Autonomous Emergency Braking), LDP (Lane Departure Prevention), ELK (Emergency Lane Keeping, TJA (Traffic Jam Assist), FCW (Forward Collision Warning), SLA, IES, LDW (Lane Departure Warning), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), dan RCTB (Rear Cross Traffic Assist with Braking). Selain ADAS, Omoda 5 EV juga dilengkapi 6 Airbag.

Geser sedikit ke bagian interior, Omoda 5 EV akan memiliki panel layar besar di bagian dasbor dengan ukuran sebesar 24,6 inci, juga disertai ambient light hingga 64 warna. Mobil ini kabarnya juga akan dilengkapi Intelligent Voice Command dan mode berkendara.