DJoin: Membangun Kepercayaan Investor dan Menguatkan Ekosistem Keuangan Mikro di Bali

0
49

SuratKabarNasional.com- Startup Djoin yang berkomitmen untuk mengembangkan eksosistem keuangan mikro yang menyediakan platform SaaS. Tahun 2017, I Wayan Indra Adhi Suputra atau yang akrab disapa Indra, bermimpi untuk memiliki startup yang mendapatkan fundraising seperti layaknya startup besar yang berjaya pada saat itu.

Berawal dari satu project untuk digitalisasi Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dan menunjukkan perkembangan maka tahun 2020, Indra dan enam rekan lainnya membentuk startup dengan nama Solusi Sakti. 

Pada era pandemi 2020, koperasi menjadi tumpuan ekonomi terbesar di Bali dikarenakan kepercayaan masyarakat sangat besar kepada koperasi jika dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya, sehingga Djoin melakukan riset pasar dan mendapatkan dua koperasi sebagai klien pertama djoin pada bulan oktober.

Berjalannya produk pertama Djoin, yakni Solusi Banking Sakti mendapatkan respon yang positive hingga mendapatkan deal dari beberapa klien hingga melakukan pengembangan produk. 

Kepercayaan Investor dan Membuktikan Potensi Pasar.

Bisa dikatakan awal pembentukan djoin dengan modal yang bersifat fundraising. Berawal dari kendala yang dihadapi djoin seperti masalah pendanaan, maka para founder djoin mencoba untuk mendapatkan angel investor dengan membuat deck atau finansial project untuk melakukan pitching kepada calon investor. 

“Menjanjikan sesuatu pasti harus memiliki suatu gambaran, untuk mendapatkan trust investor, maka dari itu kita harus memiliki financial projection, produk dan market reseacrh”, ungkap Willy salah satu founder djoin. 

Menurutnya yang menjadi poin penting mengapa Djoin mendapatkan angel investor adalah pembuktian bahwa produk yang dibuat memang dibutuhkan oleh market

“Kita tidak membawa ide kepada investor tetapi kita membawa produk, dan ini sudah berjalan”, tambahnya.  Startup Djoin berhasil membangun kepercayaan investor dengan menunjukkan potensi pasar yang besar dan keunggulan kompetitif pada platform mereka dalam mendukung lembaga keuangan mikro. DJoin terus berkomitmen untuk mengembangkan inovasi produknya, memastikan bahwa mereka tetap relevan dan dapat mempertahankan pengguna mereka.