Erlangga Hartarto, Capres dari Golkar

0
33

Suratkabarnasional.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan calon presiden atau capres dari Partai Golkar untuk Pemilihan Presiden 2024 sudah final. Calon tersebut adalah Airlangga sendiri sesuai keputusan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar pada tahun 2019. Menurut Airlangga Hartarto, calon presiden dari Partai Golkar sudah final karena munas merupakan forum tertinggi di partai berlambang pohon beringin tersebut. Airlangga menekankan bahwa keputusan itu diperkuat keputusan rapat pimpinan nasional hingga rapat kerja nasional yang digelar setelah Munas Golkar 2019.

Partai Golkar kini tengah fokus memperjuangkan agar sistem pemilu proporsional terbuka agar tetap berlaku. Ia menegaskan, Golkar ingin menjaga demokrasi meski partai tersebut hampir selalu menang ketika pemilu digelar dengan sistem proporsional tertutup.

Jangan lupa Golkar rajanya pilihan tertutup. Kita berpengalaman menangani berbagai pemilu dengan pemilihan tertutup di era Orde Baru bahkan di era Reformasi di tahun 2004 Golkar juaranya. Tetapi Golkar ingin menjaga demokrasi, tegas Airlangga.

Ia mengingatkan partai-partai politik sudah berkomitmen untuk tidak mengubah Undang-Undang Pemilihan Umum pada tahun ini agar aturan tidak berubah-ubah di setiap gelaran pemilu. Jadi kita sudah ada komitmen antar partai politik tidak setiap tahun, aturan pemilu diubah-ubah. Jadi tentu ini kita harus dijalankan secara konsisten apalagi kalau istilah di sepak bola peluit sudah diberikan, jelas Airlangga.