Jet Tempur SU-35 China Lintasi Selat Taiwan, Pesawat Ketua DPR AS Dikawal Delapan F-15

0
36
Suratkabanasional.com – China mengerahkan beberapa jet tempur SU-35 ke Selat Taiwan pada Selasa (2/8/2022), menurut laporan jaringan TV pemerintah CGTN. Laporan itu tidak memberikan perincian tambahan tentang ke mana SU-35 itu menuju dan misi apa yang ingin mereka lakukan. Laporan itu muncul menjelang kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi di bandara di pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Pesawat Pelosi lepas landas dari Malaysia dan mendarat di Bandara Songshan Taiwan pada pukul 22.44 waktu setempat.

Sebelumnya dilaporkan NHK Jepang bahwa Angkatan Udara AS telah mengerahkan delapan jet tempur F-15 dan lima pesawat tanker untuk mengawal pesawat Angkatan Udara C-40 yang ditumpangi Pelosi. Sementara itu, Taiwan dilaporkan telah merelokasi pesawat tempur Mirage 2000 yang dipasok Prancis dan perangkat keras militer lainnya ke pangkalan militer di bagian tenggara pulau tempat pesawat Pelosi diperkirakan akan mendarat, menurut China Times yang berbasis di Taiwan.

Beijing, yang menganggap Taiwan sebagai bagian integral dari wilayahnya di bawah kebijakan Satu China, telah bersikeras mereka tidak akan mentolerir pelanggaran Washington atas kedaulatannya atas pulau itu. Beijing telah memperingatkan para pejabat AS agar tidak “bermain dengan api,” mengancam “konsekuensi yang tak tertahankan” jika Ketua DPR berkunjung ke Taipei. “Ini adalah pelanggaran serius terhadap prinsip satu-China dan ketentuan dari tiga komunike bersama China-AS. Ini memiliki dampak yang parah pada landasan politik hubungan China-AS, dan secara serius melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China,” ungkap pernyataan Kementerian Luar Negeri China setelah kedatangan Pelosi di Taiwan.