Marc Marquez Dikabarkan Selangkah Lagi Bergabung Dengan Gresini Racing

0
23

suratkabarnasional.com – Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto menyebut bakal meluncurkan mobil listrik berjenis hibrida alias hybrid untuk model kendaraan sejuta umat di dalam negeri. Langkah ini diambil sebagai upaya Toyota mendorong percepatan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan didalam negeri. Sehingga seluruh lapisan masyarakat mampu berkontribusi dalam pengurangan emisi dan perbaikan polusi udara.

“Kalau hybrid kita upayakan semuanya akan produksi Indonesia. Kita memulai dari Kijang Innova karena memang benar-benar sudah dikenal masyarakat, kemudian B SUV. Lalu nanti akan ke model-model mobil sejuta umat, itulah yang kita lakukan,” katanya saat ditemui di Park Hyatt, Jakarta.

“Kita ingin semakin banyak orang yang berperan dalam pengurangan emisi,” kata Nandi. Lantas apakah ini sinyal bila Toyota Indonesia akan meluncurkan dan memproduksi Avanza-Veloz hybrid? Mengingat julukan “mobil sejuta umat” sangat kental melekat di model MPV 7-penumpang murah tersebut. Merespons pertanyaan itu, Nandi beralasan bahwa julukan “mobil sejuta umat” tidak hanya diberikan ke Avanza-Veloz. Melainkan mengacu pada produk-produk Toyota yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. “Kijang Innova itu juga kan termasuk (berjuluk mobil sejuta umat). Jadi kita tunggu saja,” ucap Nandi.

Namun, bila mengacu rangkaian pernyataan TMMIN belakangan, sinyal kehadiran Avanza-Veloz hybrid di pasar nasional sangat positif. Sinyal ini bahkan sempat diperkuat oleh Wakil Presiden TMMIN Bob Azam yang menyatakan bahwa Toyota memiliki tiga proyek besar dalam menghadirkan kendaraan hybrid, yaitu Veloz, Innova Zenix, dan Yaris Cross. “Dua kan sudah kita hybrid-kan, dua kali berturut-turut. Saya mau bilang itu aja,” ucapnya.

“Toyota akan berfokus terhadap model-model yang banyak digunakan oleh masyarakat. Karena Toyota melayani semua segmen, tidak hanya segmen tertentu atau yang sifatnya (khusus) premium,” kata Bob dalam kesempatan terpisah. Sejauh ini, Toyota sudah memiliki beberapa varian hybrid, namun masih mengisi segmen menengah atas. Beberapa di antaranya adalah Innova Zenix hybrid, Alphard hybrid, Camry hybrid, Corolla Altis hybrid, serta lini terbarunya yakni RAV4 hybrid dan Corolla Cross hybrid.