Menteri Keuangan Sri Mulyani Beri Sinyal Kuat Gaji PNS Naik Tahun Depan

0
36

Suratkabarnasional.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi sinyal kuat gaji PNS, TNI, dan Polri akan naik tahun depan. Pemerintah tengah berhitung serius dan detail mengenai kenaikan gaji tersebut.

Sri mengatakan keputusan kenaikan gaji tersebut akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo dalam laporan RUU APBN 2024 pada 16 Agustus mendatang.

DPR mengingatkan Sri Mulyani bahwa kenaikan gaji PNS dan pemilihan umum (pemilu) dapat mendorong inflasi tinggi pada 2024. Hal ini disampaikan anggota dewan dalam Rapat Paripurna DPR tentang Penyampaian Pandangan Fraksi atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) RAPBN TA 2024

Peringatan datang dari Fraksi Golkar yang dibacakan oleh Dave Akbarshah Fikarno Laksono. Menurut Dave, proyek inflasi yang ditetapkan dalam RAPBN 2024 di kisaran 1,5-3,5 persen perlu direvisi ulang dengan mempertimbangkan kedua risiko tersebut.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menekankan tidak akan ada kenaikan gaji PNS di tahun ini. Sedangkan di tahun 2024 masih belum ditentukan karena RAPBN masih dalam tahap awal pembahasan.

Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memang sempat mengusulkan ke Sri Mulyani untuk menaikkan gaji ASN di tahun depan.

Kenakan gaji PNS ini rencananya dilakukan melalui revisi pemberian tunjangan kinerja (tukin). Di mana reward akan diberikan lebih banyak bagi abdi negara yang bekerja maksimal sehingga penghasilan akhir yang diterima lebih besar.