Musim Hujan Bikin Rambut Rusak, Ini 5 Cara Mengatasinya

0
43

Suratkabarnasional.com – Musim hujan membuat banyak orang mengalami kerusakan rambut. Meski bersifat sementara, namun kondisi ini perlu diatasi dengan tepat.

Salah satu masalah yang terjadi adalah kerontokan. Kerontokan rambut meningkat hingga 30 peren selama musim hujan. Pasalnya, pada musim hujan, kulit kepala menghasilkan sebum ekstra yang melemahkan folikel rambut dengan kulit kepala kering.

Dengan adanya kelembaban tinggi di udara, rambut menjadi lengket dan berminyak. Terutama selama musim hujan, kulit kepala menjadi tempat berkembang biaknya beberapa organisme, terutama yang menyebabkan rambut rontok.

Selain kerontokan, munculnya kutu pada kulit kepala juga berpotensi terjadi di musim hujan. Kutu membuat kulit kepala jadi kering, gatal, dan iritasi.

Namun, anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi masalah rambut saat musim hujan. Berikut di antaranya,

1. Tingkatkan asupan protein
Kekurangan protein pada rambut dan tubuh ini-lah yang menyebabkan rambut rontok. Protein dapat meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mengembalikan rambut kering.

2. Menjaga kelembapan rambut
Cuaca lembap dapat menghilangkan nutrisi penting dan menyebabkan rambut kering. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi, penuhi asupan cairan harian.

3. Hindari penggunaan produk penataan rambut
Produk penataan rambut dapat menyebabkan ketombe. Jika dikombinasikan dengan udara lembap dan asam air hujan, produk-produk ini dapat menyebabkan ketombe di musim hujan dan infeksi kulit kepala.

4. Tutupi rambut sebisa mungkin
Pastikan Anda menutupi rambut setiap berada di tempat terbuka. Memakai topi, syal, payung, dan bahkan jas hujan adalah cara yang bagus untuk mencegah air hujan memengaruhi rambut. Dengan cara ini, Anda juga dapat mencegah polusi memasuki rambut.

5. Jangan sisir rambut saat basah
Cara Anda menata dan menyisir rambut juga penting dalam menjaga kesehatan rambut. Menggunakan sisir bergigi jarang untuk menata dan menyisir rambut dapat mencegah rambut rontok, rambut kering, dan rambut keriting.