Pasar GPU Berangsur Pulih, AMD Mulai Gerogoti Nvidia

0
27

suratkabarnasional.com – Jumlah pengiriman kartu grafis atau graphics processing unit (GPU) untuk perangkat PC kian lesu sejak pandemi melanda. Bahkan, jumlah pertumbuhannya melemah mencapai -27 persen dari tahun ke tahun. Namun, menurut laporan baru dari firma riset John Peddle Research (JPR) ada angin segar untuk pasar GPU diskrit atau kartu grafis untuk PC.

Pengiriman GPU PC pada kuartal II-2023 ini meningkat sampai 11,6 persen bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Menurut JPR, pertumbuhan itu menjadi tanda bahwa pasar GPU global mulai pulih. Sebab, bila menilik tahun-tahun sebelumnya, biasanya penjualan pada kuartal II lebih rendah dibanding kuartal I. Perusahaan riset itu juga mengatakan bahwa peningkatan pengiriman GPU itu terbilang signifikan dan menjadi pertanda tingginya permintaan GPU di pasar desktop maupun mobile. Pangsa pasar AMD melesat Dalam laporan yang sama, AMD tercatat mulai menempel Nvidia.

Pertumbuhan jumlah pengiriman AMD meningkat dibanding dua kompetitornya, Intel dan Nvidia. Menurut laporan JPR, pangsa pasar AMD pada kuartal II-2023 naik 1,2 persen dibanding kuartal I-2023, menjadi total 14 persen. Meski pangsa pasarnya masih jauh di bawah kompetitornya, pertumbuhan AMD pada kuartal II-2023 terbilang lebih baik. JPR memprediksi, pertumbuhan jumlah pengiriman GPU buatan AMD, didorong oleh produk Radeon berbasis RDNA2 yang dijual dengan diskon besar. Baca juga: Tak Perlu Kabel, Konektor Ini Bisa Kirim Daya 600 Watt ke GPU Adapun pangsa pasar Nvidia pada kuartal II-2023 turun 0,8 persen menjadi total 18 persen.

Sementara Intel turun 0,4 persen, tetapi masih menjadi penguasa dengan pangsa pasar 68 persen. Vendor Kuartal-I 2023 Kuartal-II 2023 Intel 68 persen 68 persen Nvidia 19 persen 18 persen AMD 13 persen 14 persen sumber tabel: data Jon Peddie Research “Kuartal II secara mengejutkan meningkat dengan peningkatan signifikan, dipimpin oleh AMD dalam hal pertumbuhan dan Nvidia dalam total pengiriman,” kata Jon Peddie, Presiden JPR melalui situs resminya. Dengan pertumbuhan tersebut, JPR optimistis akan pertumbuhan pasar GPU di kuartal mendatang.

Peddie berkata kuartal II-2023 akan menuai pertumbuhan yang kuat, sebagaimana tren kuartalan di tahun-tahun sebelumnya. Baca juga: AMD Umumkan GPU Radeon RX 7700 XT dan RX 7800 XT Apalagi AMD bersiap meluncurkan GPU Radeon RX 7700 XT dan 7800 XT pekan depan bersamaan dengan Nvidia yang bersiap menghadirkan GPU GeForce RTX 40 Series. Meski demikian, secara umum pasar GPU masih akan tetap stagnan menyusul pertumbuhannya yang menurun sejak tahun 2010, dihimpun KompasTekno dari Tweaktown, Jumat (1/9/2023). Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel