Pesawat Tempur AS Cegat Enam Pesawat Rusia Di Dekat Alaska

0
37

Suratkabarnasional.com – Pesawat tempur Amerika Serikat (AS) mencegat enam pesawat Rusia yang beroperasi di wilayah udara internasional di dekat Alaska pada Minggu (14/5/2023).

Dilansir Reuters pada Senin (15/5/2023), Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) menyatakan pesawat-pesawat Rusia tersebut termasuk pesawat pengebom TU-95, tanker IL-78, dan jet tempur SU-35.

NORAD menyatakan pencegatan tersebut sebagai suatu rutinitas dan merupakan hal yang biasa. Mereka juga mengatakan bahwa hal itu terjadi sekitar enam atau tujuh kali per tahun di wilayah udara internasional yang disebut Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska (ADIZ) tersebut.

“Aktivitas Rusia di ADIZ Amerika Utara ini terjadi secara teratur dan tidak dilihat sebagai ancaman,” kata NORAD dalam pernyataannya.
NORAD melanjutkan, pihaknya melacak dan mengidentifikasi secara positif semua pesawat militer yang memasuki ADIZ, secara rutin memantau pergerakan pesawat, dan jika perlu mengawal mereka keluar dari ADIZ.

Pesawat AS yang terlibat dalam insiden itu termasuk jet tempur F-16 dan F-22, pesawat tempur stratotanker KC-135, dan E-3 AWACS.