Pre-Wedding Nikah Kaesang Gunakan Adat Daerah, Begini Tanggapan Jokowi

0
42

Suratkabarnasional.com – Kaesang Pangarep, anak bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menikah dengan Erina Gudono yang merupakan anak dari Prof. Dr. Mohammad Gudono (almarhum) sosok Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Semasa hidupnya, beliau telah mengabdi di UGM lebih dari 25 tahun.

Menjelang hari pernikahannya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan calon istri Erina Gudono melakukan beragam tema sesi pemotretan pre-wedding.

Potret pre-wedding itu diunggah di masing-masing media sosial keduanya. Beragam tema digunakan, dari modern hingga yang mengusung adat daerah tertentu.

Menurut Jokowi, mengenalkan budaya dan adat yang dimiliki Indonesia termasuk dalam hal pernikahan sebenarnya hal yang wajib dilakukan dan dicintai oleh seluruh warga Indonesia.

“Mengenalkan budaya kita adalah wajib, mencintai juga kewajiban kita bersama,” kata Jokowi.

“Kecintaan pada budaya harus kita tunjukan, agar identitas budaya semakin kita cintai,” pungkasnya.

Ada sekitar enam busana adat yang dikenakan Kaesang-Erina dalam foto-foto pre-wedding. Berikut di antaranya.

  1. Bali

Busana adat pertama yang dipakai Kaesang dan Erina untuk pre-wedding adalah busana adat Bali. Keduanya tampil serasi dengan balutan kain Bali yang didominasi warna merah marun yang mewah dan elegan.

  1. Nusa Tenggara Timur

Berbeda dengan busana adat Bali yang cukup terbuka, kali ini Kaesang dan Erina mengenakan pakaian khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang cukup tertutup. Keduanya tampak memesona mengenakan kain tenun Sumba dalam salah satu pemotretan pre-wedding.

Kain tenun khas yang dipakai bernuansa hitam, merah, dan putih. Erina juga terlihat semakin menawan dengan aksesoris mahkota di atas kepalanya.

  1. Lampung

Busana adat selanjutnya yang dikenakan Kaesang-Erina adalah adat Lampung. Keduanya tampak menggunakan baju siger Lampung pesisir dengan latar belakang cokelat dan hiasan jerami.

  1. Kalimantan Timur

Busana adat Dayak yang dikenakan oleh Kaesang dan Erina untuk pemotretan pre-weddingnya adalah pakaian sapei sapaq. Dilengkapi dengan aksesoris, Erina tampak berpose menari dalam balutan busana adat tersebut.

  1. Gorontalo

Konsep pemotretan pre-wedding Kaesang dan Erina pun dilengkapi dengan menggunakan busana adat Gorontalo. Erina tampil memukau dengan menggunakan baju biliu, yakni busana yang umumnya digunakan saat pernikahan oleh mempelai wanita Gorontalo. Ia mengenakan busana tersebut lengkap dengan hiasan kepala emas, kalung, serta ikat pinggang.

  1. Papua

Busana adat terakhir yang dikenakan Kaesang dan Erina dalam sesi pemotretan pre-wedding adalah busana adat Papua. Keduanya tampak kompak menggunakan rok rumbai yang terbuat dari susunan daun sagu kering yang dipadu dengan noken, tas tradisional papua.