Rusia Tembak Jatuh Rudal Ukraina di Semenanjung Crimea

0
32

suratkabarnasional.com – Gubernur Sevastopol yang dipilih Rusia, Mikhail Razvozhayev, mengatakan pasukan Kremlin berhasil menembak jatuh rudal Ukraina di atas semenanjung Crimea. “Militer kami menangkis serangan rudal. Berdasarkan data awal, pertahanan udara menembak jatuh satu rudal di dekat lapangan terbang Belbek,” kata Razvozhayev di Telegram, seperti dikutip AFP, Selasa (26/9).

Razvozhayev mengatakan pada pukul 20.57 malam, pihak berwenang Crimea mengumumkan peringatan serangan udara di seluruh wilayah. Peringatan itu baru berakhir sekitar satu jam kemudian.

Sejak invasi pecah 2022 lalu, Ukraina memang menargetkan Crimea, wilayah semenanjung yang dicaplok Rusia pada 2014. Belakangan, Kyiv bahkan menyasar instalasi militer Rusia di sana seiring dengan sumpahnya untuk merebut kembali semenanjung tersebut.

Selain di Crimea, wilayah Belgorod juga sedang panas-panasnya selama beberapa waktu terakhir. Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan tujuh pesawat tak berawak (drone) Ukraina sukses dihancurkan. Menurut Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov, tak ada korban dalam serangan tersebut. Serangan di wilayah Rusia semacam ini sendiri jarang terjadi saat awal invasi. Ukraina mulai agresif melawan balik setelah melancarkan serangan balik pada Juni lalu.