Suzuki Luncurkan Moge Baru GSX-8S dan V-Strom 800DE

0
47

Suratkabarnasional.com – Suzuki Motor Corporation resmi luncurkan dua moge terbaru yakni Suzuki GSX-8S dan Suzuki V-Strom 800DE pada ajang EICMA 2022 di Milan, Italia pada Selasa (8/11/22).

Dua motor berjenis street fighter dan sport adventure ini rencananya mulai dijual pada awal tahun 2023 mendatang untuk pasar Eropa dan Amerika Utara. Kedua moge anyar Suzuki ini mengusung mesin 776 cc 2-silinder segaris dengan 4 buah katup per silinder. Mesin ini dibekali dengan Suzuki Balancer untuk meredam getaran dan membuat mesinnya lebih kompak secara dimensi.

Suzuki mengklaim mesin DOHC terbaru mereka ini mampu menggelontorkan tenaga sebsar 82,9 PS di 8.500 RPM dan torsi 78 Nm di 6.800 RPM. Meski membawa genre berbeda, GSX-8S dan V-Strom 800DE mengusung sasis yang sama. Keduanya menggunakan rangka steel generasi terbaru yang diklaim lebih lincah dan juga fleksibel.

Untuk urusan fitur, Suzuki membenamkan layar instrumen kluster berwarna berjenis TFT dengan lebar layar 5 inci. Di layar ini, pengendara juga dapat melakukan pengaturan dan melihat informasi soal fitur traction control, bi-directional quickshifter, selectable power modes, hingga slipper clutch.

Suzuki GSX-8S hadir dengan konsep street fighter yang membuat tampilannya sleek dan minimalis. Meski sekilas tampak seperti KTM dengan model rangka yang terekspos, GSX 8-S ini tetap ikonik. GSX-8S hadir sebagai motor perkotaan sejati dengan sok depan up-side down yang menjepit roda ukuran 120/70 R17. Sementara untuk bagian belakangnya ada sok tunggal dan lengan ayun yang menjepit roda ukuran 180/55 R17. Versi lebih ‘siap tempur’ dari moge kelas 800 cc Suzuki ini adalah V-Strom 800DE. Suzuki menyematkan roda yang ‘belang’ khas motor adventure, roda depan ukuran 21 inci sedangkan belakang 17 inci. Selain itu, jarak main sok depannya juga diplot 220 mm yang membuatnya tampil cingkrang. Kaki-kaki V-Strom 800DE yang tinggi ini juga membuat ground clearance-nya bisa tembus 220 mm.

Saat ini belum dibeberkan secara resmi harga dari dua moge terbaru Suzuki ini. Namun untuk pengiriman GSX-8S dijanjikan akan dilakukan pada Maret 2023, sedangkan V- Strom 800DE pada Februari 2023 mendatang.

“Siap pesan sekarang? Dengan setoran kecil, Anda dapat memesan GSX-8S sekarang dan mengamankan salah satu unit yang pertama di negara ini!,” tulis Suzuki Inggris pada laman resminya.