Tak Lama Lagi Mobil Listrik BMW Hadir di Indonesia

0
39

BMW Group Indonesia mengkonfirmasi bakal merilis mobil listrik terbarunya dalam waktu dekat. Ini sebagai langkah serius dari pabrikan setelah sebelumnya meluncurkan MINI Electric awal Juni lalu.Kepastian itu diutarakan langsung oleh Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania. Pihaknya tengah mengurus segala sesuatu untuk peluncuran model BMW bebas polusi di pasar domestik. “Sabar, tunggu. Sebentar lagi ada undangan peluncurannya (BMW listrik). Tidak lama lagi intinya,” kata Jodie (7/7).

Namun saat digali lebih dalam terkait tanggal spesifik peluncurannya, Jodie masih menutup rapat keran informasi tersebut. Dia hanya memastikan jika produk listrik dari BMW akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Tanah Air. “Ditunggu saja, ya,” imbuh Jodie.

Sebelumnya Jodie pernah mengumbar informasi jika model BMW listrik yang akan diniagakan untuk pasar Indonesia adalah BMW iX dan i4. Kedua mobil itu mengusung penggerak listrik murni. BMW i4 merupakan model sedan gran coupe dan iX mengisi segmen SUV.Khusus BMW i4 adalah produk terbaru dari BMW Group di pasar global yang diperkenalkan tahun lalu. Mobil ini melengkapi portofolio elektrifikasi BMW yang sebelumnya diisi oleh i3, iX3, dan iX.

Tunjukkan Keseriusan

Pada kesempatan sebelumnya, Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia Ariefin Makaminan menjelaskan alasan mengapa produk MINI yang lebih dulu ditetaskan ketimbang BMW di market Indonesia. Menurut dia pertimbangan stok unit dan after sales untuk produk MINI lebih mudah untuk dikoordinasikan.

“MINI mungkin lebih cepat dan secara stok ada, dan kedua MINI diler tidak terlalu banyak hanya ada 2 yakni Plaza dan Maxindo. Alhasil untuk melatih sales dan teknisi buat menangani MINI EV lebih mudah. Kalau BMW jaringan lebih besar dan kita mau menjaga aftersales, jangan sampai ketika unit tidak di Jakarta dan mengalami masalah tidak ada yang bisa menangan,” katanya.

Untuk keseriusan memulai bisnis elektrifikasi di Tanah Air, jenama asal Jerman ini juga baru saja memperkenalkan training center terbarunya yang berlokasi Green Office Park, BSD, Tangerang Selatan. Kehadiran fasilitas tersebut merupakan jejak awal yang dilakukan BMW untuk masuk ke era elektrifikasi yang sesungguhnya.Seluruh mekanik dari BMW maupun MINI di Indonesia akan dilatih secara khusus untuk dapat memahami secara benar kendaraan elektrifikasi. Mulai dari cara perawatan, perbaikan, hingga memberikan edukasi kepada konsumen