Tampil Modis dan Menunjang Performa, Alasan Pakaian Olahraga itu Penting

0
41

Suratkabarnasional.com – Mengenakan pakaian yang tepat saat berolahraga dapat memberikan sejumlah manfaat. Aktris film televisi (FTV) Sahila Hisyam yang giat membagikan gaya hidup sehat melalui aktivitas fisik pun merasakan dampaknya.

Bagi Sahila, ada sejumlah alasan bahwa memakai pakaian olahraga yang tepat saat berolahraga itu penting untuk diperhatikan. Salah satunya tak cuma untuk bergaya dan tampil modis, tapi juga bisa memotivasi dirinya agar lebih semangat lagi dalam menjaga kebugaran tubuh.

“Saya tetap tampil modis saat berolahraga, itu sih sudah menjadi kebiasaan saya untuk memotivasi agar aku berolahraga,” katanya saat ditemui dalan pembukaan gerai ASICS di Jakarta, baru-baru ini.

Beberapa cara yang sering dia terapkan agar dirinya termotivasi saat berolahraga adalah dengan mengenakan pakaian khusus olahraga yang membuat dirinya leluasa bergerak dan nyaman dikenakan.

Selain itu, aktris kelahiran 1992 ini juga sering menggunakan kaos kaki dengan warna-warna lucu, mengikat rambutnya dengan berbagai model, hingga menggunakan anting yang cocok saat olahraga.

Sementara untuk celananya, Sahila juga lebih memilih celana ketat panjang atau legging dibandingkan celana pendek. “Karena memang lebih nyaman saja,” jelas Sahila.

Satu outfit yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah tentang pemilihan sepatu yang tepat.

Bagi Sahila yang menyukai olahraga lari dan marathon, pemilihan sepatu yang tepat itu cukup penting dalam menunjang performa fisiknya.

“Sepatu yang tepat untuk berolahraga itu baiknya disesuaikan dengan tipe kaki masing-masing.” “Sebab, sepatu dengan tipe kaki yang pas akan membuat lari kita akan menjadi lebih efisien,” tambah Sahila. 

Sahila Hisyam olahraga lari

Pengalaman Sahila salah memilih sepatu olahraga

Beberapa waktu lalu Sahila sempat menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan tipe kakinya. Dia ikut agenda lari marathon dengan sepatu yang tidak sesuai. Padahal saat itu, dia sudah mempersiapkan segalanya dalam latihan.

“Itu yang saya suka saat lari marathon. Persiapannya, karena itu ngajarin kita banget kan untuk disiplin latihan biar pas marathon-nya fisik sudah siap,” ujar Sahila Hisyam.

Meski semua persiapan fisik sudah dipersiapkan, tapi ada yang salah pada saat memilih sepatu. Dia merasakan setelah lari marathon, kakinya jadi pegal-pegal dan berpengaruh ke beberapa bagian tubuh.

“Biasa memang kalau habis lari itu, apalagi kalau kurang persiapan. Setelah istirahat, pasti ada saja yang dirasa ya, kaki jadi sakit,” imbuh Sahila.

Aktris Sahila Hisyam saat berolahraga mengenakan pakaian olahraga yang tepat untuk menunjang performa fisiknya.

Semenjak saat itu, dia mencoba konsultasi dengan para ahli untuk menyesuaikan tipe kakinya dengan sepatu lari yang pas. Dia pun semakin sadar bahwa pemilihan sepatu yang tepat itu penting untuk mencegah cedera dan kejadian buruk lain yang dia rasakan setelah berolahraga.

Bintang sinetron “Cinta Fitri” ini pun mengatakan jenis sepatu running yang cocok untuknya adalah tipe Cumulus, keluaran brand sepatu ASICS asal Jepang yang memang didesain untuk pelari.

Setelah memakai sepatu yang sesuai dan ikutan marathon di kesempatan berikutnya, dia merasakan perbedaan yang cukup signifikan. “Saya coba beberapa lama untuk merasakan efeknya dan berasa banget, padahal yang kemarin saya lari half marathon 21 kilometer,” papar Sahila.

Kala itu, dia sadar betul bahwa dirinya lagi kurang tidur bahkan kurang latihan strength.

Dengan pemilihan sepatu yang tepat serta pakaian olahraga khusus, baginya itu bisa menunjang performa, memotivasi dirinya dan mencegah kejadian tak terduga seperti cedera.

“Pas sampai di garis finish dan setelah beberapa harinya, kaki saya aman. Bahkan sehari setelahnya, saya berangkat syuting di Surabaya,” pungkas aktris yang kerap dijuluki “Ratu FTV” ini.