Tiktok Kalahkan Kekayaan Mark Zuckerberg

0
52

Suratkabarnasional.com – Tak banyak orang yang kenal pemilik TikTok. Dia adalah lelaki kelahiran tahun 1983 yang memulai kariernya sebagai seorang insinyur biasa di perusahaan rintisan di China dia bernama Zhang Yiming. Tahun 2012, Zhang Yimin mendirikan perusahaan ByteDance tahun 2012, dan lahirlah aplikasi TikTok. Hanya dalam waktu 10 tahun, aplikasi ini terus mencatatkan kenaikan jumlah pengguna aktif bulanannya. Menurut laporan Business of Apps, pada kuartal II 2022, TikTok sudah memiliki 1,46 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Zhang Yiming yang merupakan pendiri ByteDance yang terkenal dengan aplikasi TikTok tersebut ternyata mengalahkan pemilik Facebook Mark Zuckerberg. Dengan harta kekayaan sebesar USD49,5 miliar atau setara Rp767,2 triliun (kurs Rp15.500 per USD), Zhang Yiming menduduki peringkat 2 dalam daftar 100 orang terkaya di China. Sementara itu Mark Zuckerberg hanya memiliki kekayaan sebesar USD41,2 miliar atau setara Rp638,6 triliun.

Dalam daftar orang terkaya di dunia 2022, posisi Zhang Yiming juga otomotis mengungguli Mark Zuckerberg, Zhang Yiming di peringkat 24 dan Mark Zuckerberg di peringkat 27 dalam daftar orang terkaya di dunia 2022 versi Forbes. Kesuksesan TikTok membawa Zhang Yiming menjadi konglomerat di usia muda.

Popularitas TikTok cepat menanjak berkat algoritmanya yang dapat merekomendasikan video pendek yang menarik kepada pengguna berdasarkan kebiasaan dan riwayat penayangan mereka.

Dan kebangkitan TikTok telah menimbulkan tantangan signifikan bagi Facebook. Tak hanya mengalami penurunan pengguna, tapi juga penurunan harga saham yang lebih dari 56% tahun ini. Dan gara-gara itu, harta kekayaan Mark Zuckerberg dikabarkan lenyap sebanyak USD71 miliar atau setara Rp1.065 triliun sepanjang tahun ini.