Tips Menghilangkan Varises, Cukup Dengan Rebahan Saja

0
49

Suratkabarnasional.com – Bagi pecinta olahraga, atau masyarakat yang sering melakukan aktivitas berat maka istilah varises pasti sudah tidak asing lagi. Varises ini terjadi karena ketika seseorang telah bekerja keras dan terasa capek, kemudian ditambah dengan cara istirahat yang salah.

Semisal ketika setelah berlari-lari seseorang istirahat dengan cara menekuk kakinya. Memang, menekuk kaki setelah olahraga rasanya nikmat. Namun siapa sangka hal tersebut menyebabkan kaki mengalami kram yang berujung pada varises.

Varises adalah penyakit yang menyebabkan pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, hak tersebut sering dialami bagi orang yang bekerja berat. Biasanya varises ini terjadi pada seseorang yang berusia remaja sampai tua.

Sayangnya memang varises ini tidak dapat dipulihkan jika hanya dibiarkan saja. Justru akan sangat mengganggu penampilan seseorang. Namun cara-cara sederhana ini dapat mengobati gejala-gejalanya. Tentu cara ini tanpa bantuan medis, karena bisa dilakukan saat rebahan.

Beberapa kebiasaan yang menjadikan gaya hidup seseorang perlu dirubah jika ingin mengobati gejala-gejala varises ini. Tentunya gaya hidup tersebut dapat mengantisipasi kondisi kemunculan vena yang membesar.

Berikut cara sederhana untuk mengatasi pembesaran vena atau gejala-gejala varises. Cara ini dikenal ampuh dalam meminimalisir rasa nyeri akibat pembengkakan pembuluh darah.

1. Relaksasi dengan cara mengangkat kaki

Mengangkat kaki merupakan salah satu cara yang sangat sederhana. Hanya dengan duduk atau rebahan ternyata cara tersebut terbilang ampuh dalam meminimalisir terjadinya varises. Saat seseorang mengangkat kaki lebih tinggi daripada jantung maka aliran darah akan kembali ke jantung dan dapat mengantisipasi terjadinya pembekuan darah.

Cara ini terbilang efektif, ketika istirahat setelah beraktivitas penuh, ataupun disaat kondisi masih bekerja mengangkat kaki sangatlah mudah dilakukan dimana saja. Asal jangan mengangkat kaki ketika ada orang yang duduk di sebelahmu, itu nanti akan menyebabkan banyak luka-luka.

2. Berendam

Berendam merupakan salah satu cara untuk merelaksasi tubuh. Seseorang akan dimanjakan ketika sedang berendam di kolam maupun di bak. Karena posisi berendam itulah tubuh akan disuguhkan suasana yang rileks. Selain itu, suhu air hangat maupun dingin yang menyentuh syaraf akan sangat berpengaruh. Apabila air tersebut hangat, maka akan membuat aliran darah semakin lancar, jika air tersebut dingin maka bisa digunakan untuk membekukan sel-sel darah yang mati.

Namun kali ini untuk mengurangi resiko penyakit varises, dianjurkan untuk berendam pada garam epsom. Berendam pada garam epsom ini dapat berfungsi sebagai merelaksasi otot-otot yang lelah. Hal ini juga dapat berfungsi mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh varises.

Walaupun cara ini tidak bisa menyembuhkan varises secara total, setidaknya cara sederhana ini dapat mengurangi rasa nyeri akibat vena yang membengkak. Selain itu, berendam pada garam epsom juga akan bermanfaat bagi kelancaran aliran darah dan mengurangi pembesaran pembuluh darah vena.

3. Naik tangga

Seseorang mungkin lebih memilih menggunakan lift untuk mencapai lantai yang lebih tinggi. Cara tersebut dirasa lebih bermanfaat karena aktivitas waktunya dan menghindari rasa capek. Menaiki tangga memang membutuhkan tenaga ekstra. Apalagi jika terlambat pergi ke kantor atau kuliah. Sedangkan kelas atau ruang kantornya berada di lantai atas.

Namun siapa yang belum sadar bahwa menaiki tangga memiliki banyak manfaat. Selain untuk media berolahraga, ternyata menaiki tangga juga memiliki manfaat sebagai cara memperlancar aliran darah.

Meskipun menaiki lift lebih terlihat menggoda disaat lelah, memilih menaiki tangga memiliki banyak sekali manfaat. Naik tangga dapat menyebabkan kalori di dalam tubuh terbakar dan jauh lebih bagus untuk pembuluh darah yang membengkak.

Saat naik tangga, kemudian mengangkat betis disaat itulah otot kaki akan berkontraksi, sehingga akan dapat memperlancar aliran darah yang ada di tubuh seseorang. Namun apabila ruangan yang akan dituju berada di lantai 30 lebih, sebaiknya menaiki lift akan lebih efektif.

4.  Menghindari hak tinggi

Bagi perempuan, memakai sepatu yang berhak tinggi merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Disaat datang ke acara kondangan, kemudian menghadiri pesta, memang memakai sepatu hak tinggi akan terlihat keanggunannya.

Namun tidak dengan cara memakainya setiap hari. Karena dengan cara tersebut akan semakin memperparah kondisi varises. Akan lebih baik yang dipakai harian adalah seoatu yang memiliki hak rendah.

Sepatu tersebut akan membangu seseorang melatih otot betis, sehingga sangat bermanfaat untuk pembuluh darah.

5.  Memakai pakaian longgar

Pakaian longgar akan terlihat tidak modis, namun akan bermanfaat bagi kesehatan. Begitu sebaliknya, pakaian yang ketat akan terlihat badan semakin kekar, namun terdapat efek sampingnya juga.

Meskipun pakaian ketat membuat tubuh lebih menarik, terlalu sering memakainya tidak baik bagi kesehatan. Pakaian ketat tersebut dapat menyebabkan darah terhambat dari alirannya. Hal tersebut akan menyebabkan pembuluh darah membeku, alhasil akan terjadi pembengkakan.

6. Rebahan sambil menjepit bantal

Rebahan merupakan kegiatan favorit yang digandrungi semua kalangan. Tidak memandang umur, memang rebahan merupakan salah satu kegiatan yang paling disukai. Namun, cara tersebut juga terbilang ampuh untuk mengatasi rasa nyeri akibat varises.

Apabila sedang tidur menyamping, maka meletakkan bantal di antara lutut akan mampu menghilangkan gejala varises. Selain memperbaiki postur dan meredakan sakit punggung, tidur sambil menjepit bantal di kaki juga bisa memperbaiki peredaran darah dan menghilangkan pembengkakan serta kesemutan yang menyebalkan. Posisi kaki yang lebih tinggi dari jantung bisa memperlancar aliran darah dan membantu mencegah varises semakin parah.

Cara-cara diatas dinilai mampu mengantisipasi rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit varises. Penyakit ini tidak tergolong sebagai penyakit yang berbahaya, namun rasa nyerinya sangat mengganggu ketika bekerja, dan pembengkakan pembuluh darahnya akan sangat mengurangi penampilan.