3 Presiden Amerika Serikat yang Meninggal di Hari Kemerdekaan AS

0
32

suratkabarnasional.com – Tepat pada tanggal 4 Juli, warga Amerika Serikat bukan saja merayakan Hari Kemerdekaan tapi juga memperingati kematian 3 Presiden Amerika Serikat (AS) yang meninggal pada tanggal tersebut. Hari Kemerdekaan Amerika Serikat pada 4 Juli dirayakan setiap tahun untuk memperingati deklarasi kemerdekaan AS pada tahun 1776. Akan tetapi terdapat peristiwa meninggalnya tiga presiden AS. Ketiga presiden tersebut meninggal pada tanggal 4 Juli yakni John Adams, Thomas Jefferson, dan James Monroe.

Kematian John Adams dan Thomas Jefferson pada tanggal 4 Juli 1826 adalah kebetulan yang menarik. Keduanya merupakan pendiri negara dan penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan AS. Keduanya juga pernah menjabat sebagai presiden AS, dengan John Adams menjadi presiden ke-2 dan Thomas Jefferson menjadi presiden ke-3.

Kematian keduanya pada tanggal 4 Juli 1826 terjadi persis 50 tahun setelah penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan, yang membuatnya menjadi peringatan yang sangat berarti. James Monroe, presiden ke-5 AS, juga meninggal pada tanggal 4 Juli, tapi pada tahun 1831. Kematian Monroe pada tanggal yang sama mungkin hanya kebetulan dan tidak memiliki hubungan langsung dengan kematian Adams dan Jefferson.

1. John Addams 

John Adams adalah presiden kedua Amerika Serikat. Namun, ia tidak meninggal saat menjabat sebagai presiden. John Adams dilahirkan pada tanggal 30 Oktober 1735, dan ia menjabat sebagai presiden dari tahun 1797 hingga 1801.

Setelah masa jabatannya sebagai presiden berakhir, John Adams pensiun dari politik dan kembali ke rumahnya di Massachusetts. Dia meninggal pada tanggal 4 Juli 1826 di usia 90 tahun. Ini terjadi pada hari yang sama dengan kematian presiden AS lainnya, Thomas Jefferson.  John Adams adalah salah satu pendiri Amerika Serikat dan berperan penting dalam menulis dan mempromosikan Deklarasi Kemerdekaan.

Dia juga memiliki peran signifikan dalam hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan negara-negara lain, termasuk dalam perundingan Perjanjian Paris 1783 yang mengakhiri Perang Revolusi Amerika dan mengakui kemerdekaan Amerika Serikat.

2. Thomas Jefferson

Thomas Jefferson adalah salah satu Presiden Amerika Serikat yang telah meninggal dunia. Dia adalah Presiden AS ke-3, menjabat dari tahun 1801 hingga 1809. Thomas Jefferson lahir pada tanggal 13 April 1743 di Shadwell, Virginia, dan meninggal dunia pada 4 Juli 1826 di Monticello, Virginia.

Jefferson adalah salah satu tokoh kunci dalam sejarah Amerika Serikat. Ia adalah penulis utama Deklarasi Kemerdekaan AS dan dianggap sebagai salah satu Bapak Pendiri negara tersebut.

Pada masa kepresidenannya, beberapa peristiwa penting terjadi, termasuk Pembelian Louisiana pada tahun 1803, yang menggandakan ukuran wilayah Amerika Serikat. Namun, masa kepresidenannya juga ditandai dengan konflik dan ketegangan, termasuk ketegangan antara Amerika Serikat dan Inggris yang kemudian menyebabkan Perang 1812.

Ia meninggal pada usia 83 tahun pada 4 Juli 1826, pada hari yang sama dengan kematian Presiden AS ke-2, John Adams, menjadikannya momen yang menarik dalam sejarah Amerika Serikat. Hari kematian keduanya, 4 Juli, adalah tanggal peringatan Hari Kemerdekaan AS, yang juga dikenal sebagai Hari Kemerdekaan.

3. James Monroe

James Monroe adalah Presiden ke-5 Amerika Serikat yang menjabat dari tahun 1817 hingga 1825. Namun, penting untuk dicatat bahwa James Monroe meninggal pada tanggal 4 Juli 1831, jauh sebelum saya berakhir pada tanggal 2021. Sebagai presiden, Monroe dikenal karena beberapa pencapaian dan kebijakan yang signifikan.

Monroe juga terlibat dalam perundingan yang mengarah pada Pembelian Louisiana pada 1803, yang menggandakan ukuran Amerika Serikat dengan memperluas wilayah hingga ke Mississippi River. James Monroe meninggal pada 4 Juli 1831 di Oak Hill, Virginia, dan dimakamkan di Hollywood Cemetery di Richmond, Virginia.

Meninggalnya tiga presiden AS pada 4 Juli di tahun berbeda merupakan kebetulan sejarah yang menarik, dan kenyataannya telah memberikan tanggal ini makna khusus dalam sejarah Amerika Serikat.