7 Buah Yang Bisa Membersihkan Paru-Paru, Membantu Usir Lendir Menumpuk

0
78

Suratkabarnasioal.com – Modifikasi gaya hidup menjadi lebih sehat seperti rutin mengonsumsi buah-buahan terbukti dapat membantu melindungi kesehatan paru-paru. Lalu, Buah apa yang bisa membersihkan paru-paru ? Paru-paru merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai pemasok oksigen bagi tubuh. Apabila paru-paru terpapar polusi dari udara yang kotor seperti asap rokok dan polusi udara, Hal ini dapat menyebabkan paru-paru kita menjadi kotor. Paru-paru akan mendapat manfaat dari diet seimbang yang penuh dengan Nutrisi, Vitamin, dan Mineral, Yang bisa dengan mudah didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan. Dengan ini, Anda bisa melindungi kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko atau gejala penyakit terkait paru-paru, Seperti Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

1. Apel
Melansir Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan apel dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok. Selain itu, Mengonsumsi lima atau lebih apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan penurunan risiko PPOK. Mengonsumsi apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini mungkin dikarenakan tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, Termasuk flavonoid dan vitamin C.

2. Labu kuning
Daging buah labu kuning yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan paru-paru. Senyawa ini sangat kaya akan karotenoid, Termasuk beta Karoten, Lutein, dan zeaxanthin, Yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Sementara, Studi menunjukkan bahwa memiliki kadar karotenoid dalam darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik pada populasi yang lebih tua dan lebih muda. Orang yang merokok dapat memperoleh manfaat secara signifikan dari mengonsumsi lebih banyak makanan kaya karotenoid seperti labu kuning. Bukti menunjukkan bahwa perokok mungkin memiliki konsentrasi antioksidan karotenoid 25 persen lebih rendah daripada mereka yang bukan perokok, yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru.

3. Tomat
Tomat merupakan salah satu sumber makanan terkaya lycopene, antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Pasalnya, mengonsumsi produk tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita PPOK.
Sebuah studi tahun 2019 pada 105 orang penderita asma menunjukkan bahwa diet kaya tomat dikaitkan dengan prevalensi asma yang lebih rendah. Terlebih, asupan tomat juga dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

4. Buah beri
Buah beri seperti Stroberi, Blueberry, dan Blackberry, Kaya dengan nutrisi. Mengonsumsi jenis buah ini dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru-paru. Buah beri adalah sumber antosianin yang kaya, Termasuk malvidin, Cyanidin, Peonidin, Delphinidin, dan Petunidin. Antosianin merupakan pigmen kuat yang telah terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif. Sebuah studi pada 839 veteran menemukan bahwa mengonsumsi 2 atau lebih porsi blueberry per minggu memperlambat penurunan fungsi paru-paru hingga 38 persen, Dibandingkan dengan asupan blueberry yang rendah atau tidak sama sekali.

5. Buah sitrus
Mengonsumsi buah sitrus seperti lemon, limau, limau gedang, dan jeruk adalah cara yang bagus untuk mendetoksifikasi paru-paru. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jenis buah ini dapat membantu melindungi paru-paru dari asma bagi orang dewasa dan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan merokok dan polusi udara.

6. Nanas
Nanas kaya akan banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C, Tembaga, kalium, dan magnesium. Buah ini juga mengandung mangan dalam jumlah yang direkomendasikan setiap hari, mineral yang penting untuk kesehatan tulang.

Bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, Dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan penyembuhannya. Bromelain bisa membantu dengan masalah pernapasan yang terkait dengan alergi dan asma. Enzim ini juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang membantu memecah dan mengeluarkan lendir.

7. Anggur
Mantan perokok juga bisa mengonsumsi buah anggur secara rutin untuk membantu bersihkan paru-parunya. Hal ini karena kandungan mineral dan vitamin pada anggur bisa membersihkan organ paru-paru dengan efektif dan mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh.