7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Kamu Bahagia

0
29

Suratkabarnasional.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bahagia. Salah satunya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu.

Apa saja kebiasaan sederhana yang membuat bahagia?

Bahagia adalah kondisi emosional yang ditandai perasaan senang dan puas. Meski ada banyak definisi soal kebahagiaan, namun kondisi ini akan selalu melibatkan emosi positif dan kepuasan hidup. Filsuf kuno Aristoteles berpendapat bahwa kebahagiaan dapat dicapai melalui ‘jalan tengah’ yang menemukan keseimbangan antara kekurangan dan kelebihan.

Meski persepsi bahagia berbeda pada masing-masing individu, namun para psikolog percaya ada beberapa hal kunci yang bisa mengukur atau menilai kebahagiaan. Kebiasaan-kebiasaan tertentu bisa membuat Anda mengalami beberapa tanda bahagia berikut, mengutip Very Well Mind:

– menjalani hidup apa adanya,

– merasa kondisi kehidupan baik,

– menikmati hubungan yang positif dengan orang lain,

– merasa sudah mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup,

– merasa puas,

– merasa positif,

– terbuka dengan ide atau pengalaman baru,

– suka merawat diri,

– bersyukur.

Satu hal yang perlu diingat, kebahagiaan bukanlah kondisi euforia yang konstan. Sebaliknya, kebahagiaan adalah perasaan positif secara menyeluruh, meski diselingi oleh sedikit emosi negatif.

Misalnya, setiap orang akan merasakan semua spektrum emosi. Namun, dalam kondisi bahagia, emosi negatif tak membuat seseorang jatuh. Alih-alih jatuh, mereka optimistis bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik.

Kebiasaan yang membuat bahagia

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membuat Anda bahagia. Berikut di antaranya, mengutip Healthline.

  1. Tersenyum

Senyum bisa merangsang otak untuk merilis hormon dopamin hingga timbul perasaan bahagia. Namun, bukan berarti Anda harus selalu memasang senyuman palsu. Tetaplah tersenyum meski Anda tengah mengalami hal yang tidak menyenangkan. Coba rasakan perbedaan emosi yang didapat kala tersenyum meski hati sedang gelisah. Atau, Anda juga bisa memulai pagi dengan menatap cermin dan tersenyum. Anggap ritual tersebut sebagai sebuah ‘doa’ agar menjalani aktivitas harian dengan penuh semangat.

  1. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik bisa berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Aktivitas fisik bisa mengurangi kecemasan, stres, gejala depresi, hingga menambah rasa bahagia. Tak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat dan menguras keringat. Anda hanya perlu berjalan kaki di sekitar rumah, melakukan yoga, atau melakukan peregangan setiap bangun tidur dan di sela-sela kerja. Berdansa juga bisa jadi pilihan aktivitas fisik yang tepat. Hentakan irama musik dan gerakan lincah juga bisa memicu rasa bahagia.

  1. Makan enak dan sehat

Asupan makanan bergizi juga berhubungan dengan kondisi mental. Perhatikan kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, dan mikronutrien.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu makan dengan teratur.

  1. Pilah-pilah informasi

Di zaman kiwari, selalu up to date akan informasi-informasi anyar kerap dianggap penting. Namun, bukan berarti semua hal harus Anda lihat.Anda disarankan untuk memilah-milah informasi mana yang bisa diserap dan mana yang tidak. Hindari informasi tidak jelas seperti hoaks atau yang bernuansa negatif, karena hanya bisa menimbulkan kecemasan.

  1. Keep in touch dengan orang terdekat

Jangan terlalu larut dalam kesibukan kerja. Ingat juga orang-orang terdekat Anda. Usahakan agar tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Jika bisa, lakukan pertemuan dengan mereka. Bertukar kabar dan cerita atau sekadar bercanda bersama orang terdekat bisa melepas rasa stres.

  1. Bersyukur

Sering kali seseorang lupa untuk bersyukur. Padahal, bersyukur akan sesuatu dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini ditemukan dalam studi yang menemukan bahwa bersyukur dapat meningkatkan harapan dan kebahagiaan. Anda bisa memulai dengan bersyukur atas apa yang dikonsumsi saat sarapan meski harus beradu dengan aktivitas siap-siap berangkat kerja. Jangan lupa juga untuk memperhatikan hal-hal sepele lainnya. Latihan sederhana ini akan membuat Anda semakin peka dan bahagia.

  1. Menarik napas dalam

Emosi negatif membuat tubuh jadi tegang. Untuk lebih tenang, coba ambil napas panjang dan dalam. Napas secara mendalam bisa meredakan stres dan ketegangan. Tutup mata Anda dan bayangkan memori indah atau menyenangkan. Lalu, tarik napas panjang lewat hidung dalam lima hitungan. Kemudian embuskan napas dalam lima hitungan melalui mulut. Ulangi proses ini hingga Anda merasa lebih tenang. Demikian beberapa kebiasaan yang bisa membuat Anda bahagia. Coba praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.