‘Bye Bye Nabati’, Prancis Larang Produk Vegetarian Disebut Steak

0
44

suratkabarnasional.com – Kini Anda tak bakal bisa lagi memesan steak vegetarian di restoran di Prancis. Label steak vegetarian bakal dilarang di negara tersebut.
Alternatif daging nabati tidak akan lagi dapat memberi label produk mereka sebagai steak atau sosis di Prancis, menurut peraturan resmi yang diterbitkan Kamis.

Larangan, yang mulai berlaku pada 1 Oktober, telah ditunggu-tunggu oleh industri daging karena semakin banyak produk berbasis sayuran menghantam rak-rak bahan makanan.          “Tidak mungkin lagi menggunakan istilah yang tepat untuk sektor yang secara tradisional terkait dengan daging dan ikan untuk menunjuk produk yang bukan milik ‘dunia’ hewan,” kata pernyataan itu.
Hal tersebut merupakan “langkah penting dalam mendukung transparansi informasi bagi konsumen, serta pelestarian produk dan pengetahuan kami,” kata Jean-François Guihard, kepala asosiasi perdagangan Peternakan dan pengepakan daging Interbev dikutip dari AFP.

Larangan itu akan berlaku untuk produk-produk yang dibuat di Prancis, tetapi tidak untuk barang-barang yang diproduksi di mitra dagang Eropanya, yang mendorong seruan serikat-serikat petani lain agar Paris mendorong masalah tersebut di Brussel.
ONAV, sebuah asosiasi ilmuwan dan profesional kesehatan yang mengkhususkan diri pada alternatif daging, mengatakan tindakan itu jelas dirancang untuk melindungi kepentingan ekonomi industri daging.
Dikatakan tindakan itu berisiko menghambat di Prancis pergeseran menuju alternatif berbasis sayuran yang lebih berkelanjutan dan sehat untuk daging yang memiliki dampak iklim yang berat.