Cak Imin Bakal Bertemu Prabowo Tentukan Capres-Cawapres 2024

0
38

Suratkabarnasional.com – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku bakal bicara empat mata dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk menentukan calon presiden dan wakil presiden yang diusung koalisi PKB dan Gerindra.

“Ya kita akan membicarakan tuntasnya, berdua dengan Pak Prabowo. Bagaimana posisinya tadi, ya tentu koalisi itu akan menjadi intinya adalah pemasangan capres dan cawapres,” kata Cak Imin di UGM.

Cak Imin mengatakan pengurus PKB dan Gerindra setiap pekan rutin menggelar diskusi merespons peta koalisi yang terus berkembang memasuki tahun politik.

Di sisi lain, ia mengaku sengaja melempar wacana menjadi cawapres mendampingi ketua DPR yang juga ketua DPP PDIP Puan Maharani di Pilpres 2024. Hal ini bagian dari simulasi.

“Tapi kan semua langkah harus koordinasi dengan Pak Prabowo (Subianto). Karena sudah ada kontrak. Pak Prabowo yang paling pasti,” ujarnya.

Cak Imin mengatakan telah sepakat dengan Prabowo untuk mengajak partai lain bergabung dalam koalisinya. Wakil ketua DPR ini juga telah bertemu dengan Puan beberapa waktu lalu.

“Kita tidak mungkin hanya berdua. Kita harus galang kekuatan dengan partai-partai lain. Kita pendekatan terus, Mbak Puan, PDIP moga-moga bisa bergabung,” katanya.

“Mbak Puan dan PDIP kan koalisi yang harus dijaga hari ini, nah kita berharap peretemuan saya dengan Mbak Puan, PDIP, PKB, Gerindra gabung (koalisi). Habis ini semua akan kita temui,” sambung Cak Imin.

Cak Imin sebelumnya sempat menyampaikan keinginannya untuk menjadi wakil presiden pendamping ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam kontestasi Pilpres 2024. Hal itu disampaikannya saat mendampingi Puan melakukan ziarah ke makam Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.

Merespons hal itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengingatkan kepada Cak Imin soal kesepakatan koalisi kedua partai di Pemilu dan Pilpres 2024. Prabowo menilai keinginan Cak Imin merupakan haknya.

Namun, Menteri Pertahanan RI itu mengingatkan bahwa dalam koalisi PKB dan Gerindra menyepakati urusan capres dan cawapres merupakan keputusan dirinya dan Cak Imin

Sementara Sekretaris Jendral DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan bahwa Cak Imin merupakan figure cawapres paling potensial untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.