Ganti Ban Juga Ada Aturannya

0
33

Suratkabarnasional.com – Banyak masyarakat berpergian ke tempat wisata saat liburan tahun baru. Bahkan tak sedikit yang ke luar kota atau kembali ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi. Menempuh perjalanan jauh sudah tentu harus siap dengan segala risikonya. Salah satu yang sangat sering terjadi adalah kendala ban yang pecah dalam perjalanan. Untuk mengatasi hal ini, sudah seharusnya pengendara menguasai teknik menganti ban sendiri. Apalagi bila terjadi di jalan tol atau di pelosok daerah.  Khusus bagi pengendara yang masih awam, harus diperhatikan beberapa langkah sebelum melakukan pergantian ban secara darurat dalam perjalanan, yakni;

  1. Posisi Berhenti

Pastikan saat berhenti darurat di jalan tol mobil berada di bahu jalan dan wajib menghidupkan lampu hazard. Setelah itu, sekitar 50 meter dari titik berhenti jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman.  Fungsinya sebagai peringatan untuk pengguna jalan lainnya bila ada mobil yang mengalami kondisi darurat.

  1. Dongkrak

Penggunaan dongkrak yang baik dan benar wajib dikuasai. Dari cara menyiapkan di bagasi hingga teknik aman untuk mengangkat bodi mobil.  Saat mulai mendongkrak, jangan lengah untuk memperhatikan titik tumpu dan ketinggiannya.

  1. Buka Baut

Membuka baut roda harus dilakukan secara berlahan, karena torsinya mempunyai tingkat kekencangan sesuai spesifikasi pabrikan.  Harus hati-hati untuk menghindari kerusakan pada drat. Perlu diingat, membuka baut dilakukan saat roda masih di bawah atau sebelum didongkrak.

  1. Mempersiapkan Ban Cadangan

Tiap mobil biasanya memiliki lokasi ban cadangan yang berbeda. Ada yang di kolong, bagasi, atau model konde. Untuk menurunkan ban serep ada caranya tersendiri. Maka dari itu, pemilik mobil wajib tau di mana posisi penyimpanan ban serep.