Gejala Dan Penyebab Sinusitis Akut Yang Dialami Ashanty

0
44

Suratkabarnasional.com – Sinusitis akut menyerang penyanyi Ashanty. Penyakit itu bahkan membuat istri Anang Hermansyah tersebut harus dilarikan ke rumah sakit. Sebelumnya Ashanty dikabarkan mengalami gejala pernapasan seperti Flu, Batuk, Hingga sesak napas. Mengutip DetikHot, Hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa Ashanty perlu menjalani operasi untuk mengatasi sinusitis yang dialaminya. sinusitis akut pada dasarnya adalah peradangan jangka pendek pada selaput yang melapisi hidung dan sinus di sekitarnya. Kondisi ini bisa menghambat kemampuan seseorang untuk mengeluarkan lendir dari hidung.

Pada dasarnya, Kombinasi antara obat-obatan yang diresepkan dokter dengan konsumsi beberapa herbal sudah cukup untuk mengatasi sinusitis akut. Namun memang, Dalam beberapa kasus, Operasi perlu dilakukan untuk mengatasi sinusitis. Operasi biasanya dilakukan untuk menghilangkan polip hidung atau tumor, Memperbaiki septum hidung yang menyimpang, Dan membersihkan sinus.

Penyebab sinusitis akut Ashanty :

Sinusitis akut yang dialami Ashanty bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Patogen seperti Virus, Bakteri, Dan jamur juga bisa berkontribusi memicu sinusitis.Gigi yang terinfeksi juga dapat jadi penyebab sinusitis akut. Dalam kasus yang jarang terjadi, bakteri dapat menyebar dari gigi yang terinfeksi ke bagian sinus.

Selain itu, kondisi-kondisi tertentu juga bisa memicu berkembangnya sinus. Misalnya saja keberadaan polip hidung atau tumor dan septum hidung yang menyimpang. Penyakit genetik seperti cystic fibrosis juga bisa ikut menyebabkan sinusitis. Tak hanya itu, Kelompok perokok juga disebut lebih berisiko mengalami sinusitis. Termasuk juga orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan memiliki alergi tertentu sangat mungkin terkena sinusitis.

Gejala sinusitis akut :

Sinusitis akut biasanya akan menimbulkan beberapa gejala. Berikut di antaranya, Mengutip laman Mayo Clinic.

– Hidung tersumbat,

– Keluarnya lendir berwarna kuning atau hijau dari hidung,

– Sakit tenggorokan,

– Batuk yang memburuk di malam hari,

– Sakit kepala,

– Rasa sakit atau tekanan di belakang mata, Hidung, Pipi, dan Dahi,

– Sakit telinga dan telinga,

– Bau mulut,

– Indera penciuman dan pengecap berkurang,

– Demam.

Sinusitis akut seperti yang dialami Ashanty biasanya akan sembuh dalam waktu 7 sampai 10 hari. Hubungi Dokter gejala terus bertahan lebih dari sepekan atau bahkan memburuk. Selain itu, Anda juga disarankan untuk segera datang ke fasilitas layanan kesehatan jika mengalami nyeri intens dan bengkak di Sekitar Mata, Kebingungan, Penglihatan kabur, Atau Leher yang terasa kaku.