Hal-Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Di Usia 20-30 Tahun

0
34
Young adult friends using smartphones together outdoors youth culture concept

Suratkabarnasional.com – Kita tidak pernah tahu kapan hari terakhir kita di dunia ini. Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena menyia-nyiakan waktu kita hari ini. Terdapat beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan di usia 20-30 tahun yang akan membawa dampak positif dalam jangka panjang.

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Usia 20-30 tahun merupakan masa yang produktif. Kita banyak melakukan hal-hal baru dalam rentang usia ini, oleh karena itu kita perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk menunjang masa produktif kita. Penuhilah nutrisi harian seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral secara seimbang. Kurangi makanan dan minuman yang tidak bergizi seperti makanan cepat saji, cilok, gorengan, minuman boba, serta makanan dan minuman lain yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Makanan dan minuman tersebut tidak memberikan efek yang signifikan, namun makanan dan minuman tersebut dapat menjadi silent killer apabila kita mengonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang.

2. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan gerakan yang membuat otot bekerja dan memaksa tubuh untuk membakar kalori. Pada penerapannya, banyak sekali jenis olahraga seperti berlari, berjalan, menari, berenang, dan lainnya. Aktifnya tubuh dalam melakukan gerakan akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Maka dari itu, luangkanlah waktu untuk berolahraga 15 menit perhari.

3. Berani berkata tidak

Apabila kamu mendapat ajakan temanmu dan kamu merasa kurang menyukai ajakan tersebut maka katakanlah tidak. Jangan menjadi orang yang selalu mengiyakan ajakan orang lain. Pikirkanlah terlebih dahulu tentang ajakan tersebut sebelum kalian memberikan respon. Jangan sampai kalian menyenangkan orang lain namun menyakiti diri sendiri.

4. Travelling

Cobalah travelling ke tempat-tempat baru yang tidak pernah kamu kunjungi sebelumnya. Travelling bukan hanya sekedar mengunjungi landmark setempat dan mengunggahnya di sosial media. Namun, cobalah untuk berinteraksi dengan warga setempat dan merasakan bagaimana rasanya benar-benar tinggal di tempat tersebut. Dengan demikian kamu akan memperoleh wawasan yang baru.

5. Lebih rajin membaca

Cobalah untuk membaca 7 hingga 8 topik buku pertahunnya. Seseorang akan memiliki banyak ilmu pengetahuan dengan rajin membaca. Kurangilah informasi yang tidak menguntungkan yang ujung-ujungnya hanya membuat kamu obesitas informasi.