Ikuti Pola Sarapan Terbaik Agar Gula Darah Terkontrol dan Mencegah Diabetes

0
39
Suratkabarnasional.com – Banyak orang di dunia yang terdiagnosa mengidap penyakit diabetes tipe 2. Kondisi tersebut dapat ditimbulkan dengan gejala seperti rasa sakit, frustasi, hingga depresi. Namun tidak perlu khawatir, karena terdapat banyak cara untuk mengontrol kadar gula darah bagi penyintas diabetes, yang seringkali menjadi fokus utama.
Beberapa yang dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup, seperti diet, olahraga, dan obat-obatan. Sejumlah pendapat dari berbagai ahli diet, ternyata butuh mempelajari lebih lanjut tentang kebiasaan makan yang bermanfaat bagi penyintas diabetes agar dapat mencegah dari penyakit tersebut.
Menurut para ahli, salah satu kebiasaan sarapan terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan atau stabilkan gula darah yakni berfokus paa makanan yang kaya akan serat larut. Menurut laman Eat This yang dikutip dari VIVA, trik kebiasaan sarapan untuk membantu kadar gula darah Anda dan menjaga kondisi diabetes, juga mencegahnya bagi prediabetes dapat melakukan hal berikut.
Serat Saat Sarapan
Dilansir dari VIVA, mengonsumsi cukup serat larut dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda di pagi hari. Oatmeal dan sereal atau sarapan gandum dapat menjadi sumber makanan yang kaya akan serat larut. Hal ini sangat baik bagi penyintas diabetes bila dikonsumsi saat pagi hari. Sebab ketika dicerna, serat larut dapat membuat zat yang seperti gel.
Kemudian zat tersebut berjalan melalui saluran pencernaan, nantinya dapat memperlambat pemanfaatan gula secara keseluruhan dalam aliran darah. “Ini menghasilkan peningkatan glukosa darah yang lebih stabil. Berikutnya dalam kadar insulin serum, yang pada akhirnya mengarah pada kadar gula darah yang lebih terkontrol dan lonjakan gula darah yang lebih sedikit sepanjang pagi Anda,” jelas Rachel Fine, RDN dan pemilik To The Pointe Nutrition, yang dikutip dari VIVA.
Protein Sebagai Penyeimbang
Selain perbanyak makanan yang mengandung serat di pagi hari, beberapa ahli gizi juga menyarankan untuk menambahkan protein ke dalam makanan berserat tinggi tersebut untuk menyeimbangkan. Sebab, protein sangat penting untuk dapat menurunkan gula darah bagi pasien diabetes.
“Memasangkan makanan sarapan yang kaya karbohidrat dengan sumber protein membantu gula darah Anda karena Anda tidak hanya kenyang dengan karbohidrat, dan makanan lebih lambat dicerna. Ketika pencernaan tertunda, gula memasuki aliran darah Anda secara lebih bertahap, menyebabkan gula darah lebih rendah,” ungkap Justine Chan, MHSc, RD, CDE, Certified Diabetes Educator di Toronto, Canada. Untuk dapat mengurangi juga mengontrol diabetes bagi pasien diabetes, dapat mencoba sarapan yang baik diatas.