Ini 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Anak

0
42
Suratkabarnasional.com – Bawang putih dikenal sebagai bahan penyedap atau salah satu bahan bumbu dalam masakan. Namun siapa sangka, selain membuat makanan menjadi lebih sedap, ternyata bawang putih juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.
Bawang putih telah menjadi obat tradisional sejak zaman dahulu. Bahan masakan ini kerap menjadi obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Selain menjadi bumbu masakan bawang putih juga juga bermanfaat untuk kesehatan. Sebab, bawang putih mengandung nutrisi seperti mangan-kalsium, tembaga, selenium, vitamin B1, B6, dan C.
Anda juga kandungan zat allicin yang punya sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antioksidan. Beberapa manfaat bawang putih juga baik untuk kesehatan anak, mulai dari menjaga kesehatan usus hingga menjaga kesehatan jantung anak.
Dilansir dari laman Halodoc, tidak hanya sebagai bumbu masak, bawang putih juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang memiliki beragam manfaat ketika dikonsumsi. Manfaat kesehatan bawang putih bisa dirasakan karena senyawa belerang ketika bawang putih dicincang, dipotong, atau dikunyah. Senyawa belerang dari bawang putih yang masuk ke dalam tubuh dari saluran pencernaan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini memberikan efek biologis yang kuat pada tubuh.
Kandungan lain dari bawang putih adalah senyawa allicin, diallyl disulfide, dan s-allyl cysteine juga ikut berperan dalam manfaat kesehatan Dirangkum dari laman Halodoc, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan anak:
1. Menjaga Kesehatan Usus 
Untuk mengatasi gangguan masalah usus pada anak, seperti radang usus, diare, hingga disentri, ayah dan bunda bisa menggunakan bawang putih yang kerap menjadi bumbu dapur. Caranya sederhana yaitu dengan menambahkan bawang putih pada makanan anak. Selain itu, bawang putih juga dinilai mampu membunuh kuman atau cacing berbahaya pada usus tanpa mempengaruhi fungsi dan aktivitas mikroba yang berguna bagi usus.
2. Meredakan Batuk Anak 
Selain manfaat bawang putih yang dapat menjaga kesehatan usus, manfaat lain bagi kesehatan anak adalah mengatasi gejala batuk yang dirasakan. Anda bisa menambahkan beberapa bawang putih cincang atau yang diiris tipis pada makanan anak. Selain batuk, bawang putih juga dinilai mampu mengatasi gejala demam pada anak.
3. Meningkatkan Imun Tubuh Anak
Bawang putih diketahui dapat meningkatkan imun tubuh anak dengan merangsang sel-sel tubuh, seperti eosinofil, sel dendritik, sel pertahanan alami, dan limfosit. Selain itu, bawang putih juga bisa merangsang sekresi sitokin yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah obesitas pada anak.
4. Menjaga Kesehatan Jantung 
Bawang putih membantu kamu menurunkan risiko kolesterol. Hal ini membuat kesehatan jantung akan terjaga dengan baik sejak dini. Bawang putih juga memiliki kandungan nutrisi di dalamnya. Pada satu siung (3 gram) bawang putih mengandung vitamin B6, C, selenium, serat, kalsium, tembaga, kalium, fosfor, dan mangan. Tentunya semakin banyak kandungan senyawa dan nutrisi dalam bawang putih, membuat bumbu dapur ini bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga termasuk pada anak-anak. Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat dan aman untuk anak-anak, namun pastikan agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih juga dapat menyebabkan risiko diare pada anak.