Jenis Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Makan Banyak Daging

0
44

Suratkabarnasional.com – Berbagai olahan daging lainnya memang lezat untuk disantap. Sayangnya, konsumsi berlebihan bisa berdampak buruk pada tubuh sehingga harus diimbangi dengan asupan yang menyehatkan. Masyarakat Indonesia biasanya menikmati berbagai menu masakan dari daging sapi dan kambing, terutama saat ada acara atau pesta. Tak jarang, banyak yang kalap dan melanggar pola makan sehat yang biasanya diterapkan. Terlebih lagi masakan olahan daging di Indonesia umumnya menggunakan santan yang, meskipun lezat, kurang baik untuk tubuh jika terlalu banyak. Untuk memperbaiki asupan, tambahkan sayuran dan buah dalam menu makan yang dikonsumsi. Tak selalu dalam bentuk masakan, kita bisa menikmatinya dalam bentuk minuman.

  1. Es jeruk lemon

Es lemon bukan hanya menyegarkan namun juga kata akan vitamin C. Kandungannya dapat menetralkan kadar lemak dalam tubuh setelah mengkonsumsi terlalu banyak daging merah.

2. Es timun serut

Timun tak hanya sedap dijadikan lalapan namun juga dinikmati sebagai es. Parut satu buah timun dan campurkan dengan sedikit gula, perasan jeruk nipis dan es batu. Minuman ini kaya antioksidan sekaligus mampu mencegah dehidrasi setelah tubuh bekerja keras mencerna daging. Selain itu, timun juga baik untuk penderita tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula dalam darah.

3. Jus semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dibandingkan jenis buah lainnya. Jus semangka akan menjadi alternatif ampuh untuk mengganti kadar air di dalam tubuh. Selain itu, minuman ini juga bisa menjadi sumber nutrisi seperti vitamin C yang membantu meluruhkan lemak dari daging yang telah dikonsumsi.

4. Jus nanas

Jika mengalami masalah pencernaan karena terlalu banyak makan daging, cobalah minum jus nanas. Buah tropis ini bermanfaat melancarkan pencernaan karena tinggi serat. Nanas juga baik untuk penderita kolestrol dan tekanan darah tinggi. Tambahkan sedikit madu dan perasan lemon untuk menambah kesegaran minuman ini.

5. Es jeruk nipis

Perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan es bukan hanya menyegarkan namun juga bermanfaat untuk tubuh. Apalagi setelah mengkonsumsi berbagai menu daging di hari raya. Minuman ini mengandung zat flavonoid yang dapat meminimalkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Jus tomat

Jika bosan mengkonsumsi tomat berupa sayuran atau salad, cobalah membuatnya menjadi minuman jus. Proses pelumatan ini tak akan merusak kandungan antioksidannya dan berbagai manfaat baik lainnya. Tomat berguna menurunkan kadar kolestrol khususnya setelan makan banyak daging berlemak.

7. Teh hijau

Secangkir teh hijau hangat setiap pagi setelah kalap makan terlalu banyak daging juga baik untuk tubuh. Teh ini mengandung antioksidan dan juga baik untuk menstabilkan tekanan darah.

8. Jus apel

Penawar setelah makan daging sapi lainnya adalah jus apel yang dapat menetralisir dan membuang lemak jahat dalam tubuh. Apel diketahui tinggi akan pektin, yaitu sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian dalam jurnal dari University of Reading pada 2005 menemukan bahwa rutin minum jus apel bermanfaat untuk membantu mencegah risiko penyakit jantung. Selain itu, polifenol atau antioksidan dalam apel juga dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh.