Cara Menjaga Kesehatan Mental Melalui Pola Hidup Sehat

0
39

Suratkabarnasional.com – Kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Bahkan, gangguan kesehatan mental bisa merusak kesehatan fisik, seperti meningkatkan tekanan darah, menyebabkan susah tidur, hingga mengubah pola makan. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental dan salah satunya adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat.

  1. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Makanan yang dikonsumsi ternyata akan berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Kabar baiknya, ada beberapa jenis makanan bernutrisi yang bisa meningkatkan suasana hati, seperti buah beri, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, pisang, hingga ikan yang berprotein tinggi. Sebaliknya, ada beberapa jenis makanan serta minuman yang perlu dihindari karena akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan dengan cepat sehingga mudah merasa lelah dan suasana hati memburuk. Beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari tersebut adalah makanan yang mengandung karbohidrat olahan, minuman beralkohol, kafein, dan makanan atau minuman berpemanis.

  1. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin tidak hanya akan menyehatkan badan, tetapi juga akan membantu dalam menjaga kesehatan mental. Berolahraga akan meningkatkan rasa percaya diri, motivasi hidup, dan suasana hati. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga dengan intensitas tinggi. Melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, jogging, atau sekadar melakukan peregangan akan membuat tubuh merasa rileks dan meningkatkan suasana hati.

  1. Menghindari penyebab stress

Stres tidak hanya berasal dari diri sendiri karena bisa juga dipengaruhi oleh lingkungan dan orang-orang di sekitar. Rasa stres yang menumpuk akan sangat berdampak pada suasana hati dan juga kondisi fisik. Mengubah fokus sejenak dan menghindari hal-hal yang memicu stres sangat disarankan. Melakukan meditasi juga disarankan agar bisa lebih fokus terhadap suasana yang dihadapi saat ini dan bisa membuat tubuh lebih rileks. Cara menjaga kesehatan mental sebenarnya tidak mahal dan bisa dilakukan hanya dengan mengubah kebiasaan. Jika kesehatan mental tidak dijaga, maka akan memicu gejala yang lebih parah dan akan menyebabkan gangguan mental tertentu sehingga perlu ditangani dengan segera.

  1. Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis.

  1. Terbukalah pada Seseorang

Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri.

  1. Tidur Tepat Waktu

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.