PDIP Pastikan Bakal Berkoalisi Dengan Partai Politik Lain dalam Pilpres 2024

0
62

Suratkabarnasional.com -Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul memastikan PDIP akan berkoalisi dengan partai lain dalam Pilpres 2024.

Padahal, PDIP diketahui menjadi partai yang bisa mengusung seorang diri Capres-Cawapres mereka “Cuma dengan siapanya (partai) saya tidak tahu karena itu kewenangan ibu ketua umum. Ini kerja sama dalam rangka Pileg-Pilpres. Dalam rangka Pilpres ya. Dalam rangka Pilpres kemungkinan besar ya pasti dilaksanakan,” ujar Bambang Pacul kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (7/7/2022).

Pacul memercayakan hal itu kepada Megawati Soekarnoputri selaku pengambil keputusan di PDIP. “Ibu ketua umum kami ini kalau di dalam dunia politik. Wah sudah luar biasa, mahaguru, kan begitu,” ujar dia.

Sebagai informasi, PDIP menjadi satu-satunya partai yang belum melakukan pergerakan atau komunikasi dengan partai lain. Sementara partai-partai lain yang berkoalisi dengan PDIP di 2019, telah menjajaki komunikasi, bahkan sudah ada yang menamakan koalisi mereka.

Sebut saja Koalisi Indonesia Bersatu yang diisi Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional.Sementara itu, Partai Gerindra tengah intens berkomunikasi dengan PKB.Tak mau kalah, NasDem, PKS, dan Partai Demokrat dalam waktu dekat membentuk tim kecil untuk membahas koalisi Pilpres 2024.

NasDem sendiri sudah mengumumkan tiga bakal capres mereka, dan kader PDIP sekaligus Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi satu dari tiga nama yang diumumkan.