Pemulihan Ekonomi Global, Masalah Kesehatan jadi Tantangan Berat

0
46

Suratkabarnasional.com – Trade, Investment, and Industry Working Group atau TIIWG G20 di Surakarta, Jawa Tengah, yang dilaksanakan Kementerian Investasi/BKPM bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian menyepakati tingkatkan kapasitas negara dalam merespon pandemi untuk mempercepat pemulihan arsitektur kesehatan global.

Sidang dipimpin oleh Direktur Jenderal Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono, selalu Chair of TIIWG/Ketua Pertemuan TIIWG G20.

Djatmiko menyampaikan, pandemi Covid-19 menjadi tantangan pada kesehatan global saat ini sehingga menjadi isu prioritas yang perlu dibahas dalam sidang demi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Pada saat ini, menanggapi pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi yang tangguh, berkelanjutan dan inklusif, kita perlu mendorong koherensi kebijakan antara perdagangan, investasi, dan industri,” ujar Djatmiko, di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022).

Djatmiko menegaskan, Indonesia dalam Presiden G20 ini mengundang anggota G20 dengan maksud membahas, mengidentifikasi, serta memastikan ketersediaan produksi, distribusi dan transfer teknologi untuk vaksin yang aman, terjangkau dan setara serta barang penting terkait lainnya untuk mempercepat keberlanjutan dan pemulihan ekonomi global yang inklusif.

“Hal ini selaras dengan pembangunan arsitektur kesehatan global yang lebih baik sehingga tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs),” kata Djatmiko.