Perindo dan 5 Partai Sudah Selesai Melengkapi Data Sipol Pemilu 2024 di KPU

0
41

Suratkabarnasional.com – Enam partai politik (parpol) telah selesai melengkapi dan menangguhkan dokumen ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Komisi Pemilihan Umum (KPU) . Keenam partai tersebut, yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Perindo, PKB, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat. Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, data terbaru hingga Rabu (27/7/2022) sudah enam partai politik yang dinyatakan tuntas mengisi semua syarat untuk Pemilu 2024 dalam Sipol.
“Dalam catatan monitor kami, itu ada enam parpol nasional yang input dan unggah data Sipolnya sudah 100 persen,” kata Hasyim. Keenam partai tersebut telah melakukan input data Sipol sejak 24 Juni 2022. Adapun pengisian Sipol ini akan berakhir lima hari sebelum dimulainya tahapan pendaftaran parpol tanggal 14 Agustus 2022.
Semua partai dapat melakukan input data pada Sipol sesuai kemampuan dan kesiapan masing-masing partai untuk memenuhi syarat-syarat dokumen maupun data yang diunggah. “Yang lain-lain (belum tuntas), ada yang 90 persen, ada yang 80 persen, 75 persen, dan masih banyak juga yang sekitar 25 sampai 40 persen,” tukasnya.