Piala AFF 2022 Disebut Mulai 23 Desember Hingga 15 Januari

0
47

Suratkabarnasional.com РPiala AFF 2022 disebut akan berlangsung 23 Desember hingga 15 Januari 2023 atau selepas Piala Dunia 2022 di Qatar.

Klaim tersebut diungkap media Vietnam, Bongda Plus. Tidak disebutkan sumber informasi penetapan tanggal tersebut. Bila mengacu kebiasaan media Vietnam, ini berdasarkan pernyataan anggota Komite Eksekutif (Exco) federasi sepak bola Vietnam (VFF).

Berdasarkan publikasi laman resmi AFF, agenda Piala AFF 2022 belum dipastikan. Kepastian pelaksanaan kejuaraan dwitahunan ini baru akan dipastikan dalam rapat Exco AFF pada Agustus mendatang. Sementara itu Sekjen PSSI Yunus Nusi pada hari Rabu (27/7) sore, menyatakan hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai jadwal Piala AFF 2022.

“Kami tidak bisa menanggapi kalau media negara lain yang bahas, kecuali ada pernyataan resmi dari federasi setempat [VFF],” ucap Yunus Nusi.

Disebutkan Piala AFF 2022 akan menggunakan format edisi 2018. Pada Piala AFF 2018 format yang digunakan adalah kandang tandang. Kontestan akan dibagi ke dalam dua grup yang diundi berdasarkan pot.

Untuk pembagian pot babak undian ini Timnas Indonesia kemungkinan besar berada di pot kedua. Ini peningkatan sebab pada Piala AFF 2020 Timnas Indonesia berada di pot ketiga.

Dalam regulasi Piala AFF 2020 disebutkan penentuan pot berdasarkan pencapaian pada dua edisi sebelumnya. Karena masuk final pada 2016 dan tak lolos grup pada 2018, Timnas Indonesia masuk pot ketiga.

Bila Piala AFF 2022 benar-benar terlaksana, ini akan menjadi pembuktian Shin Tae Yong. Ini karena tim Garuda belum pernah meraih gelar kejuaraan yang awalnya dikenal dengan sebutan Piala Tiger ini.

Dari 12 edisi sebelumnya Timnas Indonesia enam kali masuk final dan enam kali pula jadi runner-up. Karena itu PSSI sangat berambisi meraih gelar paling prestisius di tingkat kawasan Asia Tenggara ini.