Sejarah Pura Mangkunegaran: Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang & Erina

0
48

Suratkabarnasional.com – Pura Mangkunegaran merupakan salah satu dari empat pecahan Kerajaan Mataram Islam yang istana nya terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Pendirinya adalah Raden Mas Said, yang kemudian bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I. Pada tahun 1757-1946, Mangkunegaran merupakan kerajaan otonom yang berhak memiliki tentara sendiri dan independen dari Kesunanan Surakarta. Sedangkan mulai 1950 hingga kini, statusnya hanya sebuah keraton dengan raja, tanpa kekuasaan politik.

Pura Mangkunegaran memiliki arsitektur Jawa Kuno yaitu Joglo, dengan semua bangunannya dibuat dari kayu. Secara arsitektur, kompleks bangunan kuno ini memiliki bagian-bagian yang mirip dengan keraton, seperti memiliki pamédan, pendapa, pringgitan, dalem, dan keputrèn. Seluruh kompleks Pura Mangkunegaran dikelilingi oleh dinding, hanya bagian pamédan yang diberi pagar besi. Di lokasi ini juga ada Pendopo Ageng serta halaman yang luas.

Dipilih menjadi lokasi acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo, yaitu Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Acara ngunduh mantu akan digelar pada Minggu, (11/12/2022), sedangkan pernikahannya berlangsung Sabtu (10/12/2022).