Simak 5 Manfaat Bawang Putih yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

0
39

Suratkabarnasional.com – Bawang putih umum dikenal sebagai bahan penyedap atau salah satu bahan bumbu dalam masakan. Namun siapa sangka, selain membuat makanan menjadi lebih sedap, ternyata bawang putih juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.
 
Bawang putih telah menjadi obat tradisional sejak zaman dahulu. Bahan masakan ini kerap menjadi obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Selain menjadi bumbu masakan bawang putih juga juga bermanfaat untuk kesehatan. Sebab, bawang putih mengandung nutrisi seperti mangan-kalsium, tembaga, selenium, vitamin B1, B6, dan C. Anda juga kandungan zat allicin yang punya sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antioksidan.
Dilansir dari laman Halodoc, tidak hanya sebagai bumbu masak, bawang putih juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang memiliki beragam manfaat ketika dikonsumsi. Manfaat kesehatan bawang putih bisa dirasakan karena senyawa belerang ketika bawang putih dicincang, dipotong, atau dikunyah.
Senyawa belerang dari bawang putih yang masuk ke dalam tubuh dari saluran pencernaan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini memberikan efek biologis yang kuat pada tubuh. Kandungan lain dari bawang putih adalah senyawa allicin, diallyl disulfide, dan s-allyl cysteine juga ikut berperan dalam manfaat kesehatan Dirangkum dari laman Halodoc, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan.
 
1. Manfaat bawang putih dapat menurunkan tekanan darah
Mengkonsumsi bawang putih, diketahui dapat menurunkan tekanan darah berkat kandungan senyawa aktif yang ada di dalamnya. Penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian terbesar di dunia. Dan penyakit-penyakit tersebut salah satunya disebabkan oleh tekanan darah tinggi, atau hipertensi.
 
2. Mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia
Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Seperti diketahui, kerusakan oksidatif dari radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan. Selain itu, efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti penyakit alzheimer dan demensia. Dikutip dari laman HaloDoc, suplemen bawang putih dosis tinggi telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.
 
3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat bawang putih selanjutnya diyakini dapat melawan penyakit termasuk pilek serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Namun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.
 
4. Dapat menurunkan risiko Penyakit Jantung
 Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, ada baiknya untuk mengkonsumsi bawang putih. Diketahui bawang putih bermanfaat mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik untuk kesehatan jantung.
 
5. Meningkatkan performa Atletik pada Atlet
Salah satu manfaat bawang putih yang jarang diketahui adalah, bawang putih dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja. Dilansir dari laman HaloDoc, orang dengan penyakit jantung yang mengkonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu dapat mengalami penurunan detak jantung sebesar 12 persen serta meningkatkan aktivitas kemampuan fisik. Pun, kelelahan akibat olahraga bisa dibantu dengan mengkonsumsi bawang putih.