Tergolong Langka, Segini Harga Renault Triber Bekas

0
47

Suratkabarnasional.com – Renault Triber memang sepi peminat. Penjualan sangat terbatas, sehingga ia sangat jarang dijumpai di jalanan. Segmentasi pasarnya sangat tipis dengan jenis MPV LCGC macam Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Apakah ada unit bekasnya? Tentu saja tersedia. Untuk tipe RXZ lansiran 2021, kendaraan dijajakan antara Rp145 juta hingga Rp150 jutaan. Kebanyakan jarak tempuhnya sangat rendah, di bawah 10 ribu kilometer.

Jantung pacu Renault Triber mengandalkan enjin 1,0 liter sama dari Kwid. Mesin berkonfigurasi tiga silinder. Unit pacu menyuplai daya 72 PS serta torsi 96 Nm. Enjin ini pula yang dipakai di model global seperti Renault Clio serta Dacia Sandero. Penyaluran tenaga melalui girboks manual lima percepatan. Entah kenapa hingga saat ini belum tersedia tipe matik. Mungkin ini yang bikin khalayak enggan membelinya, selain masalah purnajual.

Walau harga Triber relatif terjangkau, namun ia merupakan produk Renault yang dibuat di Negeri Bharata. Tapi di pasar Indonesia, jaringan penjualan maupun bengkel resmi terbatas. Anda harus berpikir matang-matang sebelum menjatuhkan keputusan beli. Namun, kalau kita bahas mengenai rancangan. Bolehlah, sedikit diapresiasi. Ia berdimensi kompak untuk menyelinap di jalan perkotaan.

Mobil dibekali lampu utama projector dengan DRL LED. Grille depan berdesain triple edge berlapis krom. Ada aksen sarang tawon di bagian depan demi meningkatkan gaya berkendara sporty. Mobil juga dilengkapi roof rails yang bisa menampung beban maksimal 50 kilogram. Lalu ground clearance 182 mm cukup untuk melindas jalanan kota. Begitu Anda masuki kabin, dua nada dibalutkan di kabin.

Tersimak paduan hitam pekat dan krem di bagian bawah dan trim pintu. Cukup menambah daya tarik visual. Saat memasukinya, material sedikit lebih baik dari mobil LCGC. Tersedia layar sentuh multimedia 8 inci. Kemudian sistem multimedia terhubung ke MediaNav Evolution. Ia kompatibel dengan Android Auto, Apple CarPlay dan berbagai aplikasi juga hiburan. Anda juga bisa memutar musik atau video via USB.

Kesan canggih muncul dari garis horizontal di dasbor. Bikin terlihat lebih luas dan cluster instrumen LED sepenuhnya digital (yang pertama di segmen ini). Ukurannya 3,5 inci dan memberi tiga informasi virtual: takometer, jumlah bahan bakar dan suhu enjin. Lalu bangku baris ketiga dilipat. Triber menawarkan ruang penyimpanan 625 liter. Kapasitas tersisa 320 liter dalam konfigurasi enam kursi. Kemudian 84 liter dalam konfigurasi tujuh kursi. Tak lupa, power socket 12 volts tertanam pada semua baris.

Unit memiliki fitur keamanan standar. Berupa empat airbag bagi penumpang depan, sistem pengereman ABS, sensor parkir dan sistem peringatan batas kecepatan. Ada tambahan fitur berupa kamera mundur. Terus ia menawarkan akses masuk yang mudah dengan keyless entry dan tombol push start/stop. Triber jadi alternatif selain LCGC