Tips agar Akhir Pekan Terasa Lebih Lama

0
47

Suratkabarnasional.com – Semua pasti setuju jika akhir pekan seringkali terasa cepat berlalu. Belum puas bersantai menghilangkan rasa lelah bekerja selama sepekan, kita harus kembali masuk kantor. Tak jarang perasaan ini membuat seseorang merasa stres dan membenci hari Senin.

“Orang-orang membutuhkan waktu dan ruang fisik untuk bersantai dan mengisi ulang pikiran dan tubuh mereka setelah seminggu bekerja yang panjang,” kata Dr. Mike Sevilla, seorang dokter keluarga di Family Practice Center of Salem di Ohio.

Ini hal yang bisa di lakukan agar akhir pekan terasa lebih lama :

1. Rencanakan kegiatan di akhir pekan
“Anda dapat memaksimalkan akhir pekan Anda dengan merencanakan kegiatan yang Anda sukai,” kata Alayna L. Park, asisten profesor psikologi di University of Oregon.

2. Kurangi penggunaan gadget dan lakukan hobi lainnya
Studi menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan banyak waktu di media sosial dapat mengalami distorsi waktu. Ada baiknya kita membatasi aktivitas tersebut dan mencari alternatif lain yang membuat kita bahagia.

“Pertimbangkan untuk kembali ke hobi sebelumnya yang Anda lakukan sebelum pandemi, seperti jalan-jalan atau membaca,” kata Sevilla. “Atau, lebih baik lagi, tantang diri Anda untuk mencoba sesuatu yang baru.”

3. Lakukan aktivitas yang berbeda dari rutinitas harian
Pilih aktivitas yang sifatnya berbeda dari rutinitas kita selama weekday. Misalnya pekerjaan kita sangat teknis, cobalah untuk berlatih alat musik atau mencoba olahraga yang baru.